Share

4 Pemandian Air Panas di Garut, Bikin Betah Liburan Bareng Keluarga

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Minggu 10 Juli 2022 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 09 408 2626445 4-pemandian-air-panas-di-garut-bikin-betah-liburan-bareng-keluarga-YdXIztJBcO.jpeg Wisata Pemandian Air Panas Garut (dok ANTARA)

TERDAPAT empat pemandian air panas di Garut yang bisa kamu kunjungi saat liburan. 

Kabupaten Garut sendiri termasuk salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki banyak destinasi wisata alam.

Sebab, kabupaten ini dikelilingi oleh Gunung Karacak (1838 m), Gunung Cikuray (2821 m), Gunung Papandayan (2622 m), dan Gunung Guntur (2249 m). Gunung-gunung tersebut beberapa termasuk gunung berapi yang masih aktif, sehingga banyak terdapat sumber air panas alami.

Lantas, mana saja 4 pemandian air panas Garut yang bikin betah main air dan wajib dikunjungi? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini.

Pemandian Air Panas di Darajat Garut

Kawasan Darajat Garut menjadi salah satu destinasi liburan yang cukup terkenal di Garut. Sebab, lokasinya kurang lebih 25 km dari pusat kota, dan berada di ketinggian dengan pemandangan lepas ke lembahan dibawahnya.

Di sini terdapat banyak tempat pemandian air panas alami yang sumbernya berasal dari kawah darajat yang berada di wilayah kerja PT Chevron.

Tempat ini pun berupa satu kawasan dengan beberapa tempat untuk menginap, kolam renang air panas, dan kolam rendam air panas. Pengunjung tinggal pilih tempatnya saja, seperti Puncak darajat, awit sinar darajat, dan lain-lain.

infografis

Pemandian Air Panas di Kawah Talaga Bodas Garut

Pilihan pemandian air panas lainnya di Garut adalah area kawah talaga bodas. Tak seperti yang lainnya, tempat ini sederhana dibandingkan dengan tempat di atas.

Pemandian air panas alami ini memang lebih dikenal untuk khasiat pengobatannya. Terdapat dua tempat pemandian air panas di kawah Talaga Bodas Garut; kolam rendam air panas alami di kawah talaga bodas.

Kawah Kamojang

Kawah Kamojang sejatinya tidak terdapat pemandian air panas. Hanya saja di sini tersedia kamar-kamar pemandian air panas yang bisa digunakan untuk berendam.

Letak kamar-kamar itu tepat di area parkir di kawah kamojang. Berbeda dengan tempat lainnya, air di sini tidak memiliki bau belerang.

Pemandian Air Panas di Cipanas Garut

Kawasan Cipanas dapat dikatakan sebagai lokasi pemandian air panas di Garut yang paling populer. Sebab, lokasinya paling dekat, dan mudah untuk dijangkau pengunjung.

Kawasan Cipanas sendiri berjarak 7 km dari alun-alun Garut. Kawasan Cipanas Garut berada tepat di kaki gunung Guntur yang merupakan salah satu gunung berapi yang ada di kota ini.

Daerah Cipanas ini merujuk satu kawasan, sehingga untuk berendam air panas alami di Cipanas, kamu bisa memilih berbagai lokasi yang ada, seperti;

Kampung Sumber Alam.

Sabda Alam.

Tirta Gangga.

Surya Alam.

Cipanas Indah.

Danau Dariza.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini