Share

Dear Cat Lovers, Ini 6 Fakta Unik Gigi Kucing yang Belum Banyak Orang Tahu

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Senin 11 Juli 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 10 406 2626886 dear-cat-lovers-ini-6-fakta-unik-gigi-kucing-yang-belum-banyak-orang-tahu-M6F0eQ8xFz.jpg Kucing (Foto AP)

ADA 6 fakta unik gigi kucing yang belum banyak orang tahu akan dibahas pada artikel kali ini. Kucing merupakan salah satu hewan yang sering dijadikan peliharaan.

Memiliki hewan peliharaan tentu harus bertanggung jawab dalam memperhatikan kesehatan dan pertumbuhan kucing. Salah satu yang harus anda perhatikan adalah gigi kucing.

Maka dari itu, jangan ngaku cat lovers kalau belum tahu 6 fakta unik gigi kucing yang belum banyak orang tahu. Yuk simak.

 BACA JUGA:Unik! Ratusan Kucing Ikut Kontes Kecantikan, Aksinya yang Lucu Memukau Penonton

6 Fakta Unik Gigi Kucing yang Belum Banyak Orang Tahu

 

 

1. Harus rutin dirawat

Meski tidak akan berlubang, namun gigi kucing ternyata bisa ditumpuki plak yang jika dibiarkan bisa berbahaya. Untuk itu anda harus rajin merawat gigi kucing.

Caranya adalah dengan menggosok gigi kucing menggunakan sikat dan pasta gigi khusus kucing. Sesekali juga harus anda bawa ke dokter hewan untuk melakukan pengecekan gigi.

 

2. Punya Gigi Permanen dan Gigi Susu

Siapa bilang hanya manusia yang punya gigi susu? Kucing juga punya loh. Kucing merupakan makhluk diphyodon jadi mereka memiliki dua set gigi, yaitu gigi susu dan gigi permanen.

Jumlah gigi susunya ada 26 sedangkan gigi permanennya 30. Tidak beda jauh dari manusia ya.

 BACA JUGA:Tradisi Unik Manten Kucing di Tulungagung untuk Minta Hujan

3. Permasalahan gigi kucing dewasa

Kucing dewasa juga rentan mengalami permasalahan pada gigi dan juga mulut. Salah satunya adalah masalah gingivitis atau peradangan pada gusi yang mampu menyebabkan bau mulut pada kucing. Jika dalam kasus yang parah dapat menyebabkan gigi kucing dewasa copot.

4. Gigi susu bisa copot sendiri

Kucing akan memiliki gigi susu sejak ia berusia 2-4 minggu. Kemudian pada usia 4-7 bulan gigi susu pada kucing akan mulai copot dan terganti dengan gigi permanen.

Copotnya gigi susu kucing memang jarang diketahui, karena kadang gigi susu yang copot akan tertelan oleh kucing atau hilang saat bermain-main.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

5. Permasalahan gigi anak kucing

Anakan kucing bisanya memiliki permasalahan gigi yang menyebabkan bau mulut. Tak hanya itu saja, anak kucing juga bisa mengalami kelainan posisi dan gigitan gigi yang nantinya mempengaruhi kenyamanan kucing saat mengunyah.

Penumpukan karang dan plak di gigi juga menjadi PR para pemiliknya. Lebih parahnya lagi, anak kucing juga bisa terjangkit abses, yaitu munculnya nanah pada gigi karena infeksi.

 Ilustrasi

6. Gigi permanen yang sudah lengkap sebelum berusia setahun

Gigi permanen pada kucing memang bisa lengkap sebelum berusia setahun, ini merupakan hal yang normal dan wajar.

Itulah informasi mengenai 6 fakta unik gigi kucing yang belum banyak orang tahu. Semoga bermanfaat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini