Share

Sedih! Gajah Tertua di Australia Ini Mati pada Usia 65 Tahun Dikelilingi Pengasuhnya

Anya Azalia Faustina, Jurnalis · Selasa 12 Juli 2022 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 11 406 2627282 sedih-gajah-tertua-di-australia-ini-mati-pada-usia-65-tahun-dikelilingi-pengasuhnya-Cq74jAELos.JPG Tricia, gajah tertua di Australia mati pada usia 5 tahun (Foto: ABC News/Eliza Laschan)

TRICIA yang besar dan cantik, dianggap sebagai salah satu gajah tertua di dunia. Ikon kebun binatang Perth (Perth Zoo), Australia itu mati pada usia 65 tahun. Kematiannya menandai berakhirnya era Perth Zoo.

Penghormatan mulai membanjiri untuk gajah Asia yang telah menghibur pengunjung lebih enam dekade di kebun binatang.

"Tricia tidak hanya terkenal, dia sangat dicintai," kata Perdana Menteri Mark McGowan, dalam sebuah pernyataan, mengutip 9News.

"Perawakan dan keanggunannya sangat menarik. Bagi banyak orang, dia adalah ikon Perth. Selama enam dekade, dia adalah bagian integral dari setiap kunjungan ke Kebun Binatang Perth. Jika Anda pernah tinggal di Perth pada suatu saat dalam hidup Anda, maka Anda mungkin memiliki ingatan tentang Tricia," terangnya.

Dokter hewan dan penjaga Tricia telah memantau kesehatannya dengan cermat selama beberapa waktu sebelum kesehatannya memburuk dengan cepat.

Gajah Tertua di Australia

(Foto: Perth Zoo)

McGowan, menggambarkan gajah itu sebagai salah satu yang tertua di dunia dan tertua yang dirawat oleh kebun binatang di Australia.

"Saat-saat terakhir Tricia damai. Dia dikelilingi oleh pengasuhnya di kamar malamnya pada Rabu malam, 6 Juli 2022," katanya, dalam sebuah pernyataan.

Kebun binatang ingin pelayat menyumbang ke Tricia Tribute to Conservation Fund sebagai pengganti pengiriman bunga, untuk membantu menciptakan 'warisan abadi untuk hewan luar biasa ini'.

Dana tersebut dirancang untuk membantu mendukung upaya konservasi kebun binatang dan membangun pos penjagaan gajah di ekosistem Bukit Tigapuluh di pulau Indonesia, untuk membantu memantau dan melindungi salah satu kawanan gajah liar terakhir yang tersisa.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Tricia yang berusia enam tahun, dinamai menurut nama pemenang Miss Australia, tiba di Australia Barat dari Vietnam pada tahun 1963 dan sejak saat itu memikat banyak orang di Perth.

Dana dari penjualan karya seni populernya digunakan untuk melindungi gajah Sumatera yang terancam punah.

"Dia tahu bagaimana mengambil sepotong hatimu dan dia tidak mengembalikannya," kata penjaga gajah Kristy Carey, sebelum mamalia besar itu mati.

"Akan ada lubang besar yang hilang saat dia pergi," tambahnya.

"Sebagai hewan duta besar, Tricia memiliki dampak monumental pada konservasi spesiesnya dan sangat menghangatkan hati melihat ini berlanjut setelah dia meninggal," kata Menteri Lingkungan Hidup, Reece Whitby.

"Saya akan mendorong semua orang untuk menghormati Tricia dan mengucapkan selamat tinggal dengan mengunjungi jalan peringatan atau berbagi kenangan tentang Tricia secara online di situs Kebun Binatang Perth," tutupnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini