Share

Tragis! Inilah Selfie Terakhir Seorang Pendaki Sebelum Ajal Menjemput

Nurul Fitriyah, Jurnalis · Selasa 12 Juli 2022 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 11 406 2627297 tragis-inilah-selfie-terakhir-seorang-pendaki-sebelum-ajal-menjemput-oJstrjPdil.JPG Selfie terakhir seorang pendaki asal Italia, Filippo Bari yang tewas akibat insiden mengerikan (Foto: Australscope)

SEORANG pendaki gunung awalnya begitu bahagia kala ia dan kelompoknya berhasil mendaki gletser terbesar di Dolomites, Italia utara.

Filippo Bari (28), asal Malo, Italia, sangat senang dengan pendakian itu sehingga dia mengabadikan foto selfie sambil tersenyum dan mengirimkannya kepada saudaranya, Andrea.

“Lihat di mana aku berada!” katanya.

Namun, 20 menit kemudian, ia justru meninggal secara tragis setelah sebagian besar gletser Marmolada pecah, mengirimkan longsoran es, salju, dan batu menuruni lereng di Pegunungan Alpen Italia pada Minggu.

Wali Kota Isola, Vicentina Francesco Gonzo melaporkan pada Senin bahwa mayat pendaki gunung telah ditemukan.

Ayah satu anak itu termasuk di antara setidaknya tujuh orang yang tewas dalam longsoran salju, dengan lima lainnya masih hilang.

Infografis Gunung Tertinggi di Indonesia

Andrea yang terpukul mengatakan, saudaranya telah mengiriminya begitupun orangtua mereka, Emanuela dan Giuseppe, foto selfie yang menyeringai di lereng gunung sambil mengenakan helm dan kacamata hitam sebelum ajal menjemput Filippo Bari.

Sekitar satu jam kemudian Filippo termasuk di antara korban pertama yang diidentifikasi setelah gumpalan besar gletser pecah.

Dia telah berencana menaklukkan Monte Rosa, puncak yang melintasi Italia dan Swiss, pekan ini.

“Filippo adalah pecinta gunung dan alam pada umumnya,” kata Andrea, mengutip News.com.au.

“Dia sudah melakukan beberapa tamasya ketinggian, selalu ditemani oleh orang-orang yang berpengalaman dan dengan semua peralatan yang diperlukan," tambahnya.

Filippo, yang bekerja di toko perangkat keras (hardware), meninggalkan seorang anak yang berusia empat tahun dan istrinya Jelena. Berita kematian itu membuat keluarga dan teman-teman turut bersedih dan di media sosial dibanjiri pesan belasungkawa.

“Saya sangat sedih mengetahui teman baik saya dari Italia, Filippo Bari telah meninggal! Saya tidak akan pernah melupakan semua saat-saat indah dan petualangan luar biasa yang kami alami bersamanya. Beristirahatlah dalam damai teman lama dan Tuhan beserta keluarganya selama masa yang sangat menyedihkan ini!,” tulis seorang teman di laman Facebook.

Gletser
(Foto: AFP)

Perdana Menteri Mario Draghi mengatakan, keruntuhan itu disinyalir kuat dipicu dengan kerusakan lingkungan dan situasi iklim". Kantor kejaksaan Trento telah membuka penyelidikan untuk menentukan penyebab tragedi itu.

Gletser, yang dijuluki "ratu Dolomites", mengaliri Sungai Avisio dan menghadap ke Danau Fedaia di provinsi Otonomi Trento di Italia.

Menurut laporan bulan Maret oleh Panel Antarpemerintah PBB tentang Perubahan Iklim (IPCC), pencairan es dan salju adalah salah satu dari 10 ancaman utama yang disebabkan oleh pemanasan global, mengganggu ekosistem dan infrastruktur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini