Share

Tiket Taman Nasional Komodo Naik Rp3,75 Juta Per 1 Agustus, Ini Alokasinya

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 11 Juli 2022 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 11 406 2627745 tiket-taman-nasional-komodo-naik-rp3-75-juta-per-1-agustus-ini-alokasinya-UnGfjRGiS6.jpg ilustrasi komodo (Okezone)

HARGA tiket masuk Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) naik menjadi Rp3,75 juta per orang untuk satu tahun mulai 1 Agustus 2022. Koordinator Pelaksana Program Konservasi TN Komodo, Carolina Noge mengatakan bahwa itu bukan sekadar tiket, tapi biaya kontribusi untuk konservasi.

Biaya yang dibebankan kepada wisatawan tersebut, kata dia, berlaku kolektif untuk aktivitas wisata di Pulau Komodo, Pulau Padar, Pantai Pink dan sekitar perairan area Taman Nasional Komodo.

 BACA JUGA:Mulai 1 Agustus, Masuk Taman Nasional Komodo Harus Bayar Rp3,75 Juta Per Orang

Menurutnya alasan menetapkan angka Rp3,75 juta per orang untuk satu tahun karena upaya konservasi dilakukan dalam satu tahun. Biaya tersebut akan dialokasikan untuk kelestarian lingkungan TN Komodo.

 

"Logikanya seperti ini. Kita datang ke Pulau Komodo, menghirup oksigen, membuang sampah yang sama. Kita membuang limbah yang sama, tapi penanganannya harus dilakukan dengan program konservasi," kata Carolina dalam Weekly Press Briefing Kemenparekraf yang digelar secara virtual, Senin (11/7/2022).

 BACA JUGA:Sandiaga Uno Tegaskan Tiket Masuk Pulau Komodo Rp3,75 Juta Baru Sebatas Wacana

Carolina menjelaskan bahwa konservasi sebagai upaya untuk pemeliharaan Taman Nasional Komodo yang menjadi habitat asli dari hewan purba tersebut.

Konservasi juga penting untuk melestarikan komodo dan hewan lain yang ada di kawasan tersebut.

Carolina mengatakan bahwa uang Rp3,75 juta yang dikeluarkan wisatawan untuk masuk TN Komodo nantinya akan dialokasi untuk konservasi berkaitan dengan pengelolaan sampah, tata kelola, pengawasan dan pengamanan kawasan TN Komodo.

"Tiket masuk sudah termasuk biaya konservasi. Jadi konservasi itu biaya yang dibayarkan secara holistik untuk masuk ke Pulau Komodo, Pulau Padar, dan mengakses kawasan perairannya berlaku sama," katanya.

 ilustrasi

"Siapapun yang sudah melakukan reservasi bisa bolak-balik, dapat mengakses, menggunakan akses yang dipunya," tambahnya.

Lebih lanjut, wisatawan yang sudah melakukan pelunasan pembayaran, makan nantinya akan mendapatkan laporan pertanggungjawaban. Laporan tersebut terkait dengan upaya konservasi yang sudah dilakukan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini