Share

10 Negara Tujuan Wisata Halal Terbaik di Dunia, Indonesia Termasuk?

Melati Pratiwi, Jurnalis · Selasa 12 Juli 2022 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 11 408 2627441 10-negara-tujuan-wisata-halal-terbaik-di-dunia-indonesia-termasuk-LrPXG5FEb7.JPG Destinasi wisata halal di Qatar (Foto: Instagram/@visitqatar)

MENYAMBANGI luar negeri terkadang muncul ketakutan soal kehalalan mayoritas makanan yang dijajakan. Tapi sebenarnya tak perlu terlalu khawatir lantaran masih banyak pilihan negara yang memiliki wisata halal.

Bukan cuman dari segi hidangan halal yang tak sulit dijumpai, tetapi juga terdapat berbagai lokasi wisata religi. Pantas saja jika 10 negera ini disebut sebagai tujuan wisata halal terbaik di dunia.

Penasaran ada apa saja? simak daftarnya berikut ini.

1. Malaysia

Negara tetangga yang sangat dekat dengan Indonesia ini cocok bagi turis muslim. Pasalnya, aneka hidangan halal mudah ditemui di setiap sudut kota di Malaysia. Misalnya saja seperti Nasi Kerabu, Nasi Lemak, Ayam Percik, dan masih banyak lagi.

Selain itu, banyak pula wisata islam yang rasanya sayang jika dilewatkan. Ada Masjid Putra yang terlihat seperti bangunan mengapung dan arsitekturnya memiliki kesan budaya Maroko, ada juga Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz yang disebut sebagai masjid terbesar kedua di Asia Tenggara.

2. Indonesia

Tak perlu diragukan lagi, jika ingin berwisata halal, Indonesia bisa menjadi daftar pilihan teratas. Mayoritas penduduk di Indonesia adalah pemeluk Islam.

Aneka hidangan halal yang mengunggah selera bertebaran di mana-mana. Tapi di samping wisata halal, Indonesia pun memiliki panorama alam yang dijamin akan membuat turis negara manapun pulang membawa kenangan manis.

Infografis Wisata Religi di Jakarta

Contohnya saja keindahan laut Bunaken, atau sejuknya pemandangan hijau kawasan pegunungan.

3. Arab Saudi

Tentu saja Arab Saudi masuk ke dalam daftar wisata halal terbaik di dunia. Semua umat muslim memiliki keinginan untuk menginjakan kaki di sana untuk Haji maupun Umrah.

Keindahan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi seolah tak pernah gagal memikat hati siapapun. Tapi di samping wisata halal yang berkaitan dengan ibadah, segudang lokasi menarik di Arab Saudi juga siap menghiburmu.

Menikmati pesona Laut Merah, Kawah, Al Wahbah, dan lainnya tak akan membuat turis manapun menyesal.

4. Turki

Turki kerap menjadi tujuan wisata kalangan artis di Indonesia. Cappadoccia memang menakjubkan, tapi sederet wisata lainnya pun sayang untuk dilewatkan.

Salah satunya adalah Hagia Sophia, sebuah bangunan gereja di masa Byzantium Roma yang beralih fungsi menjadi masjid ktika konstantinopel ditaklukan Islam. Tak sekedar indah, sejumlah tempat semacam ini punya nilai sejarah islam.

Lalu bagaimana dengan makanannya? kebab, baklava, roti pide, kofte akan memanjakan lidah penikmatnya.

5. Uni Emirat Arab

Salah satu kota dengan segudang wisata halal di Uni Emirat Arab adalah Dubai. Sebut saja ada Quranic Park yang dibuka guna membeirkan edikasi maupun budaya peninggalan Islam.

Sejumlah titik di Dubai juga akan membuat turis berdecak kagum, misalnya saja Burj Khalifa. Atau jika ingin melihat sendiri megahnya Sheikh Zayed Mosque, kamu bisa bergeser ke Abu Dhabi.

6. Qatar

Ada banyak bangunan berdiri gagah di Qatar yang rupanya terispirasi dari desain Islam Kuno. Salah satunya adalah Museum Seni Islam di Teluk Persia.

Wisata Halal di Qatar

(Foto: Instagram/@visitqatar)

Segela koleksi bersejarah terpampang rapi di sana, antara lain manuskrip islam, liontin dan bergaam benda lainnya yang berasal dari Turki, Iran , Mesir, hingga Spanyol.

Muslimin dan Muslimah tak perlu risau, sebagian besar santapan di Qatar halal.

7. Iran

Melakukan perjalanan wisata halal kurang lengkap jika tak menyambangi kawasan sejarah yang berkaitan dengan Islam. Di Iran, ada sejumlah lokasi yang menjadi bukti sejarah perabadan islam.

Salah satunya ada Istana Golestan, yang dihiasi mahakarya arsitektur islam.

8. Yordania

Pemburu kuliner sedap dan halal tak akan kecewa saat berkunjung Yordania. Masakan unik seperti Mansaf dan Kunafa akan membuatmu rindu ketika pulang nanti.

Mansaf sendiri merupakan olahan daging yang disandingkan bersama nasi berempah serta daging. Sementara santapan manis terkenal di Yordania ada Kunafa. terbuat dari tepung gandum berisi kacang, kismis, dan keju.

9. Bahrain

Bahrain menawarkan ragam wisata, mulai dari alam hingga religi. Jika sudah puas bermain di pantai kawasan Zallaq, kamu bisa bergeser ke lokasi wisata halal seperti Masjid Agung Al-Fateh yang super megah.

Wisata Halal Bahrain

(Foto: Instagram/@visitbahrain.bh)

Selain wisata alam maupun religi, kerajinan tradisional Bahrain pun bsia menjadi buah tangan menarik. Ada lokasi yang terkenal sbeagia pusat kerajinan tradisional yakni Al Jasra, di pantai barat pulau utama Bahrain.

10. Singapura

Singapura dihuni oleh banyak warga keturunan Melayu yang menganut islam. Bisa dikatakan, negara dengan ikon Singa ini cukup halal-friendly.

Makanan halal khas Mealyu seperti mudah dijumpai. Selain itu, Singapura terkenal punya aneka lokasi wisata menarik lainnya, mulai dari China Town, Universal Studio, Merlion Park, dan lain-lain.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini