Share

10 Benda Paling Sering Dicuri Tamu Hotel, Handuk hingga Sandal

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 13 Juli 2022 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 12 406 2628051 10-benda-paling-sering-dicuri-tamu-hotel-handuk-hingga-sandal-EpAoCmEsll.JPG Ilustrasi Hotel (Foto: iStock)

BENDA paling sering dicuri tamu hotel akan diulas dalam artikel ini. Tamu hotel yang iseng memang kerap mencuri benda-benda berharga yang disediakan pihak hotel sebagai fasilitas selama menginap, meskipun benda itu sudah terpaku ke dinding maupun lantai.

Bahkan hal ini sudah jadi suatu kebiasaan. Bukan karena tidak punya uang atau ingin menjual kembali barang itu, tapi mungkin karena benda itu unik sehingga para tamu ingin mengoleksinya.

Ingin tahu item-item apa saja yang kerap dicuri oleh tamu hotel? Berikut ulasannya, seperti dirangkum MNC Portal Indonesia dari Oyster.

1. Sprei dan handuk

Hotel berbintang lima memiliki koleksi seprai yang sangat lembut dan handuk mewah. Melihat barang bagus tersebut, siapa yang tidak ingin membawanya pulang? Mokshta Chauhan, manajer front office Movenpick Hotels & Resorts di India mengatakan, hotelnya sering kehilangan perlengkapan seprai dan handuk mandi.

Untuk menghentikan para tamu mencuri perabotan hotel, tim manajemen hotel Movenpick memasang tag identifikasi frekuensi radio ke seprai dan handuk mereka. Jika ada tamu yang membawa perkakas hotel, maka akan keluar suara bip.

Handuk

(Foto: Shutterstock)

2. Gantungan baju

Gantungan baju menjadi barang favorit bagi tamu hotel. Hotel berbintang, biasanya menyediakan gantungan baju mewah terbuat dari kayu yang elegan. Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa hotel suka mengunci gantungan di dalam lemari. Hal ini dilakukan untuk menghindari pencurian.

3. Baterai dan bola lampu

Beberapa tamu mungkin bisa menutup jejak mereka dengan mengatakan meminjam baterai dari remote untuk digunakan pada jam alarm pribadi.

Kemudian mereka lupa untuk mengembalikannya. Di sisi lain, bola lampu juga menjadi incaran para tamu. Mereka dengan sengaja melepas bola lampu dan mengemasnya ke dalam tas menggunakan tisu toilet.

4. Jubah mandi dan sandal

Menurut sebuah survei situs perjalanan di Inggris, Sunshine, sebesar 12 persen responden kerap membawa sandal hotel dan sembilan persennya mengambil jubah mandi.

Meski sandal hotel kerap dibuat dari bahan yang amat ringan dan mungkin mudah kotor atau rusak, hal tersebut tetap tak menghalangi para pengunjung untuk memasukkan benda satu ini ke dalam koper ketika mereka bersiap check-out.

Bahkan ada pula tamu yang sudah merencanakan ingin mengambil sandal dan jubah mandi hotel dari awal hingga menyiapkan wadah atau plastik khusus untuk menyimpannya. Alasannya klasik, ingin mendapatkan kenang-kenangan dari hotel yang sudah pernah disinggahi.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

5. Piring dan peralatan perak

Ternyata layanan kamar juga kerap diincar tamu hotel. Percaya atau tidak, banyak tamu yang mencuri piring dan barang properti perak lainnya. Bahkan, ada yang mencuri satu set lengkap perlengkapan makan hotel.

6. Remote kontrol

Madeline Rawski, operation manager Chicago's FieldHouse Jones mencatat, sejak hotelnya dibuka pada Maret 2017, lebih dari 25 remote televisi di dalam kamar hotel hilang. Remot kontrol menjadi barang yang paling sering dicuri.

7. Perlengkapan mandi

Mokshta Chauhan, manajer front office Movenpick Hotels & Resorts di India mengatakan, banyak tamu hotel membawa tas ekstra hanya untuk mengisinya dengan perlengkapan mandi hotel. Salah satu hotel bintang lima yang baru-baru ini dikunjunginya di Maladewa memiliki solusi.

Toilet

(Foto: Freepik)

Daripada menyediakan sampo dan lotion dalam ukuran kecil, manajemen memilih menyediakan perlengkapan mandi tersebut di dalam guci cantik yang memiliki penutup kayu. Dengan demikian, para tamu hotel akan segan membawa pulang perlengkapan mandi ini.

8. Cermin

Cermin juga menjadi salah satu barang yang diincar tamu hotel. John Bowen, mantan dekan Conrad N. Hilton College of Hotel and Restaurant Management mengatakan kepada ABC News, seorang tamu pernah mencoba berjalan keluar dengan membawa cermin ruangan.

Menurutnya, mengapa beberapa tamu tidak peduli membawa cermin ke luar hotel dikarenakan, jika tertangkap maka dia akan membayarnya dengan kartu kredit. Namun, harus diketahui, ada seorang tamu wanita di Nigeria dijatuhi hukuman tiga bulan penjara karena mencuri handuk di kamar hotel.

9. Makanan dan minuman dari minibar serta teh celup gratis

Ini mungkin tidak mengherankan, tapi banyak tamu hotel mencuri makanan dan minuman dari minibar. Inilah alasannya mengapa front office kerap meminta kartu kredit untuk pembayaran kamar. Karena mereka kerap mendapatkan para tamu langsung pergi dan menghindar membayar makanan yang ada di minibar.

Selain itu, kamar hotel biasanya juga menyediakan teko sendiri untuk membuat teh atau kopi bagi para tamu dan wisatawan akan selalu menemukan teh celup dan pod kopi gratis.

Barang-barang ini biasanya diambil dari kamar hotel karena dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam dompet dan para tamu pada akhirnya akan menggunakannya ketika mereka tiba di rumah. Hotel juga menawarkan berbagai macam teh yang berbeda, jadi mengapa tidak mengambilnya?

10. Barang dekoratif hotel

Banyak hotel mencoba untuk membedakan diri dengan menggabungkan karya seni dan patung yang unik di kamar hotel. Kamar hotel kelas atas biasanya memiliki barang-barang dekoratif keren yang terlihat mahal, tetapi setiap tamu hotel yang berpikir mencurinya harus membayar biaya tinggi untuk mengambilnya. (put)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini