Share

Ingat! Pendaki Gunung Merbabu Dilarang Tinggalkan Bara yang Menyala

Angga Rosa (Koran Sindo), Jurnalis · Rabu 13 Juli 2022 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 12 549 2627927 ingat-pendaki-gunung-merbabu-dilarang-tinggalkan-bara-yang-menyala-hEo1M99Jom.jpg Gunung Merbabu (dok ANTARA)

PENDAKI Gunung Merbabu dilarang meninggalkan api dan bara yang masih menyala dan membuang puntung rokok sembarangan di kawasan hutan taman nasional gunung tersebut.

Aturan ini dibuat untuk mencegah kebakaran hutan.

Anggota Masyarakat Peduli Api Pangudi Nitising Dahana Harga Merbabu (MPA Pandhu) Getasan, Kabupaten Semarang Agus Surolawe mengatakan, kondisi hutan Gunung Merbabu banyak terdapat sabana, rumput yang mudah terbakar.

infografis

Karena itu, para pendaki untuk mentaati aturan pendakian dan tidak melakukan aktivitas yang bisa menyebabkan kebakaran.

"Kami minta para pendaki memahami dan menaati aturan tersebut. Jangan sekali-kali membuang puntung rokok dan meninggalkan api yang masih menyala saat mendaki. Ini demi kelestarian Gunung Merbabu dan keselamatan para pendaki sendiri," katanya.

Selain itu, MPA Pandhu juga mengimbau kepada masyarakat yang berada di sekitar hutan untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan saat beraktivitas di dalam hutan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Warga juga diminta untuk ikut menjaga kelestarian hutan serta mengingatkan para pendaki yang membuat perapian di kawasan hutan.

Disinggung mengenai upaya yang dilakukan untuk mencegah kebakaran hutan Gunung Merbabu, Agus menjelaskan, MPA Pandhu bersama relawan dan tim SAR terus melakukan sosialisasi kepada para pendaki dan masyarakat mengenai aturan pendakian serta antisipasi kebakaran.

Selain itu, petugas Balai Taman Nasional bersama MPA Pandhu, MPP dan para relawan juga melakukan patroli untuk memantau aktivitas pendakian dan kondisi hutan Gunung Merbabu.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini