Share

6 Fakta Menarik Pulau Madura, Ternyata Pernah Jadi Negara Sendiri

Siska Permata Sari, Jurnalis · Kamis 14 Juli 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 13 406 2628830 6-fakta-menarik-pulau-madura-ternyata-pernah-jadi-negara-sendiri-yROV3Ptr38.jpg Pulau Madura (Foto Instagram @rizahimawan)

MENGULAS 6 fakta menarik Pulau Madura, Jawa Timur. Dijuluki sebagai Pulau Garam karena dikenal sebagai salah satu daerah penghasil garam di Indonesia, Pulau Madura kini terdiri dari empat kabupaten; Bangkalan, Sumenep, Sampang, Pamekasan.

Pintu masuk ke Madura bisa lewat Jembatan Tol Surabaya-Madura (Suramadu) yang membelah Selat Madura. Ini jembatan terpanjang di Indonesia, menghubungkan Pulau Jawa dengan Madura.

Melalui jalur laut, Madura dapat diakses dari Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya ke Pelabuhan Kamal di Bangkalan. Bisa juga dari Pelabuhan Jangkar di Situbondo menuju Pelabuhan Kalianget di Sumenep, ujung timur Madura.

 BACA JUGA:7 Destinasi Wisata di Jakarta Cocok Dikunjungi saat Idul Adha

Pulau Madura punya banyak keunikan. Selain bentuk pulaunya mirip dengan badan sapi, ada hal lain yang menarik dari Madura. Berikut ulasannya :

Budaya sarungan

Masyarakat Madura kerap disebut sebagai ‘kaum sarungan’. Hal ini lantaran mereka kerap menggunakan kain sarung dalam kesehariannya. Bagi masyarakat Madura, sarung adalah pakaian berharga yang menunjukkan bentuk kesopanan.

Selain itu, Madura juga kerap disebut kota santri karena memiliki banyak pondok pesantren.

 

Punya bahasa dan dialek berbeda

Masyarakat Pulau Madura mempunyai bahasa dan dialek yang berbeda dengan penduduk di provinsi Jawa Timur lainnya. Selain itu, mirip dengan Bahasa Jawa, Bahasa Madura juga terdiri dari beberapa tingkatan tergantung siapa yang diajak bicara.

Dialeknya pun berbeda-beda, ada dialek Bangkalan, Pamekasan, Sumenep, Bawean, Sampang, dan Sapudi yang punya ciri khas masing-masing.

Miliki tradisi mistis

Fakta menarik Pulau Madura lainnya yaitu masih ada masyarakatnya yang melakukan tradisi magis, lho! Walaupun dikenal sebagai kota santri dan religius, masih ada tradisi mistis yang dijalani seperti misalnya saja Upacara Sandhur hingga ritual Rokat Tase sebagai ungkapan terima kasih dan rasa syukur kepada Tuhan atas kelimpahan ikan di laut.

Follow Berita Okezone di Google News

Pernah jadi negara tersendiri

Fakta menarik Pulau Madura yang jarang diketahui adalah, pulau ini sempat menjadi negara sendiri. Madura adalah negara yang dibentuk pada tanggal 23 Januari 1948 atas rekayasa Van der Plas yang saat itu menjadi Gubernur Belanda di Jawa Timur.

Namun, hal itu tak berlangsung lama karena kemudian Madura kembali bergabung dengan Republik Indonesia di tahun 1950.

Identik dengan pernikahan dini

Pulau Madura merupakan salah satu daerah yang masih kental dengan tradisi pernikahan dini. Ada sebagian warga di sana yang menikah muda seperti di usia belasan tahun.

ilustrasi

Diketahui, rata-rata perempuan Madura sudah bisa menikah saat menginjak usia 14 tahun, dan laki-laki pada usia 16 tahun.

Miliki ragam kuliner khas

Fakta menarik Pulau Madura di urutan terakhir adalah memiliki beragam kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan bila berkunjung ke sana. Mulai dari Sate Madura, Nasi Bebek Sinjai, Nasi Serpang, Lorjuk atau makanan sejenis kerang, dan masih banyak lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini