Share

Bandara Kalang Kabut Hadapi Turis Membeludak, Maskapai Diminta Setop Jual Tiket

Anya Azalia Faustina, Jurnalis · Kamis 14 Juli 2022 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 14 406 2629519 bandara-kalang-kabut-hadapi-turis-membeludak-maskapai-diminta-setop-jual-tiket-9O05URRUhX.JPG Turis membeludak di Bandara Heathrow, London, Inggris (Foto: Reuters/Henry Nicholls)

BANDARA Heathrow, London meminta maskapai berhenti menjual tiket untuk keberangkatan musim panas. Langkah itu menyusul melonjaknya jumlah penumpang yang tembus angka 100.000 orang per hari. 

Penghentian penjualan tiket diharapkan dapat membatasi jumlah antrean dan meminimalisir penundaan bagasi maupun pembatalan penerbangan.

Bandara tersibuk di Inggris, seperti yang lain di seluruh Eropa kini sedang berjuang untuk mengatasi karena permintaan pulih setelah pandemi. 

Sekadar informasi, Bandara Heathrow memiliki antara 110.000 dan 125.000 keberangkatan penumpang setiap hari pada Juli dan Agustus 2019.

Maskapai di Heathrow telah menanggapi seruan pemerintah untuk mengurangi kapasitas, tetapi bandara mengatakan mereka perlu melangkah lebih jauh.


"Beberapa maskapai telah mengambil tindakan signifikan, tetapi yang lain belum, dan kami percaya bahwa tindakan lebih lanjut diperlukan sekarang untuk memastikan penumpang memiliki perjalanan yang aman dan andal," kata CEO John Holland-Kaye dalam surat terbuka, mengutip Reuters.

Bandara Heathrow

"Oleh karena itu, kami telah membuat keputusan sulit untuk memperkenalkan pembatasan kapasitas yang berlaku mulai 12 Juli hingga 11 September," tambahnya.

Melonjaknya permintaan tiket perjalanan para pelancong diakui John membuat bandara kewalahan. "Kami meminta mitra maskapai berhenti menjual tiket musim panas, demi membatasi dampak terhadap penumpang," tegasnya.

British Airways, maskapai terbesar Heathrow, dan operator lain telah membatalkan ratusan penerbangan untuk mencoba meminimalkan gangguan bagi penumpang.

Bos Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA), Willie Walsh pada akhir pekan lalu melayangkan kritiknya terhadap pihak bandara lantaran tidak punya persiapan matang mengantisipasi lonjakan permintaan.

Perekrutan SDM baru akan dimulai pada November, dan diharapkan akan kembali ke tingkat pra-pandemi dalam waktu singkat.

Masalah di Bandara Heathrow yang merupakan bandara tersibuk di Inggris, diperparah oleh ketepatan waktu kedatangan yang sangat rendah karena penundaan di bandara lain. Belum lagi kemacetan wilayah udara di seluruh Eropa yang memang sangat terjadi kepadatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini