Share

Wow, Kunjungan Wisatawan ke Kalimantan Selatan Tembus 5 Juta Orang!

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 16 Juli 2022 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 15 406 2629889 wow-kunjungan-wisatawan-ke-kalimantan-selatan-tembus-5-juta-orang-1BBf7XfKwc.JPG Taman Labirin, objek wisata di Kalsel (Foto: Instagram/@nandautamii)

DINAS Pariwisata Kalimantan Selatan mencatat, sepanjang semester I tahun 2022 ini kunjungan wisatawan mencapai 5 juta orang. Hal ini menandakan peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Muhammad Syarifuddin mengatakan, kunjungan tersebut meliputi 13 kabupaten kota, dengan rincian, wisatawan nusantara sebanyak 5.294.042 orang dan wisatawan mancanegara 21.915 orang.

"Tingginya tingkat kunjungan wisatawan di 2022 tidak lepas dari keberhasilan Pemerintah Provinsi Kalsel dalam mengendalikan penyebaran kasus Covid-19 dan pelonggaran penerapan protokol kesehatan oleh pemerintah pusat," kata dia, dikutip dari Antara.

Infografis Pasar Terapung

Beberapa tahun terakhir saat pengetatan peraturan protokol Covid-19, kata Syafruddin, kunjungan wisatawan lebih sedikit ketimbang capaian sekarang.

Jika dilihat dari data, pada 2020 dan 2021 rata rata hanya mencapai tujuh juta wisatawan, di dominasi lokal. Selesai 2022 nanti, menurutnya, kunjungan wisatawan ke Kalsel bisa mencapai angka 10 juta bahkan lebih, asal tren pandemi Covid-19 tetap menurun.

"Ya, paling tidak sama dengan waktu sebelum pandemi, sekitar 10 juta lebih kunjungan untuk wisatawan lokal,” ujarnya.

Mengikuti tren kunjungan wisatawan, Dinas Pariwisata berupaya terus mendorong kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan pelaku usaha pariwisata agar terus mengelola destinasi dengan baik.

Melalui media ini, dia berpesan kepada pokdarwis dan pelaku usaha pariwisata untuk selalu menerapkan prinsip Sapta Pesona.

"Khususnya terkait keamanan, selain itu kenyamanan, kebersihan dan keindahan dari objek wisata juga harus dijaga dengan baik, sehingga wisatawan tidak jera untuk datang kembali,” tutup Syafruddin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini