Share

5 Harta Karun Ditemukan di Indonesia yang Gemparkan Dunia, Nomor 3 Milik Keturunan Nabi?

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 16 Juli 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 15 408 2629915 5-harta-karun-ditemukan-di-indonesia-yang-gemparkan-dunia-nomor-3-milik-keturunan-nabi-Z4onqlmUvz.JPG Tim arkeolog meneliti temuan harta karun berupa keramik yang ditemukan di perairan Subang pada 2010 (Foto: Dok. KKP)

TAHUKAH Anda kalau di Indonesia ternyata menyimpan banyak harta karun, lho. Beberapa di antaranya pernah ditemukan dan menghebohkan masyarakat bahkan hingga terdengar ke luar negeri. Mulai dari penemuan jejak sejarah, hingga perhiasan emas yang melimpah.

Harta karun yang ditemukan itu merupakan peninggalan dari para tokoh-tokoh terdahulu, maupun pada masa zaman kerajaan. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini lima harta karun yang ditemukan di Indonesia.

1. Koin emas pasca-tsunami Aceh

Pada 2004 silam, di Aceh ditemukan harta karun berupa koin. Harta karun itu ditemukan dekat kuburan kuno saat tsunami dahsyat melanda Aceh di tahun yang sama, yaitu 2004.

Koin yang ditemukan di Desa Gampong Pande ini diperkirakan berasal antara tahun 1200 hingga 1600 Masehi. Gampong Pande terletak di bekas wilayah kerajaan Islam pertama Aceh.

Antara abad ke-13 dan ke-17, Gampong Pande menjadi sentra industri yang memproduksi barang berupa koin emas. Koin yang ditemukan kemudian dijual ke penadah yang saat itu mematok harga Rp800 tiap keping.

2. Harta karun VOC di Pulau Onrust

Selanjutnya adalah di Pulau Onrust. Tempat itu merupakan pulau yang dulunya digunakan oleh VOC, sebagai benteng pertahanan dan juga sempat digunakan sebagai tempat penyimpanan harta jarahan.

Selama menjajah Indonesia 3,5 abad lamanya, banyak yang meyakini pulau tersebut terdapat lorong bawah tanah dan diduga sebagai tempat penyimpanan harta karun.

Harta Karun

(Foto: Veljeemuserne)

3. Harta karun diduga milik kerabat Nabi di perairan Cirebon

Harta karun berikutnya berasal dari kapal karam di Indonesia, yakni di sebuah bangkai kapal yang diperkirakan berasal dari abad ke-10. Kapal yang 'terkubur' di perairan Cirebon itu kemudian berhasil diekskavasi, antara April 2004 hingga Oktober 2005, pada kedalaman 56 meter di bawah permukaan laut.

Selanjutnya, dalam kapal yang berjarak 80 mil dari Pelabuhan Cirebon tersebut ditemukan harta karun yang disebut-sebut sebagai 'keramat' Nabi, yaitu berupa batu permata besar milik Dinasti Fatimiyah. Dinasti Fatimiyah mengklaim sebagai keturunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi Wasallam.

Penamaan Fatimiyah sendiri diambil dari nama Fatimah. Adapun Fatimah merupakan putri bungsu Rasulullah Shallallahu alaihi Wasallam dari istri pertama, Khadijah binti Khuwailid bin Asad bin Abdul Uzza bin Qushai atau yang akrab dipanggil Khadijah Al-Kubra.

Saat proses pengangkatan, tim penyelam membutuhkan waktu cukup lama untuk dapat mengangkut muatan, yang mana berjumlah 270 ribu objek ini. Objek yang ditemukan di antaranya berupa kristal, permata, porselen Tiongkok, keramik, emas dan mutiara.

Harta karun kapal karam Cirebon ini diperkirakan sudah terpendam selama lebih 1.000 tahun lamanya. Luar biasa kan!

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

4. Cagar Budaya di Sukoharjo

Pada 2019 lalu di area persawahan Joho, Sukoharjo, Jawa Tengah sempat geger karena ditemukannya bangunan cagar budaya. Area persawahan yang diduga sebagai pemakaman kuno tersebut ternyata, menyimpan banyak peninggalan.

Benda yang ditemukan di lokasi itu antara lain, tembikar, manik-manik, tulang, logam, dan benda lainnya yang diduga telah berusia ratusan tahun. Bupati Sukoharjo kemudian menetapkan lokasi tersebut sebagai cagar budaya.

Harta Karun Emas di Klaten

(Foto: YouTube/@Empat Andiry)

5. Perhiasan emas di Klaten

di Klaten, Jawa Tengah pernah ditemukan puluhan kilogram perhiasan emas, oleh enam orang warga yang menggali 3 meter tanah berpasir untuk tanah uruk. Mulanya, mereka menemukan guci di kedalaman tanah sekitar 3 meter yang berpasir.

Penemuan tersebut terjadi pada 1990 di Desa Wonoboyo, Kecamatan Jogonalan, Klaten. Ada empat guci yang ditemukan oleh warga berisi perhiasan emas, perak, kalung, mangkok, tas koin dan lain sebagainya yang sepanjang sejarah menjadi temuan mahakarya terbesar.

Harta karun ini diperkirakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno antara abad 8-9 Masehi. Pemerintah pun mengamankan barang-barang ini dan memberikan penghargaan dan santunan uang bagi penemunya. (put)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini