Share

Menilik China Fashion Street di Tengah Fenomena ABG Citayam

Ajeng Wirachmi, Jurnalis · Minggu 17 Juli 2022 01:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 16 406 2630687 menilik-china-fashion-street-di-tengah-fenomena-abg-citayam-vI156y3G3j.jpg Chinese Street Style (TikTok)

FENOMENA Citayam Fashion Week belakangan ini ramai menjadi buah bibir dan menarik atensi masyarakat luas. Fenomena ini bermula dari banyaknya anak-anak muda asal Bekasi, Depok, Citayam, dan Bojong Gede yang berkumpul di dekat Stasiun Dukuh Atas, Jakarta.

Tak sampai di situ, mereka memiliki gaya fashion andalan yang unik dan sangat menarik. Hingga akhirnya, berbagai pembuat konten dari TikTok datang dan menyoroti fenonema ini sampai viral.

Jauh sebelum fenomena ABG Citayam ada di Indonesia, China sudah terlebih dahulu memiliki tren tersebut.

China Fashion Street atau Chinese Street Style, merupakan istilah yang lazim disebut untuk menggambarkan para pejalan kaki yang melewati wilayah protokol di China dengan gaya busana yang sangat menarik perhatian, layaknya model papan atas.

Bukan sekadar gaya busana, namun merek baju, celana, dan aksesoris yang digunakan pun merupakan merek terkenal dan mewah.

Laman Acrimonia menyebut, fenomena viral ini juga menyebar lewat sosial media TikTok sejak tahun 2020 lalu.

Jalanan di Beijing dan Chengdu menjadi arena catwalk bagi para pejalan kaki dengan selera busana menarik hingga nyeleneh. Sampai detik ini, tren tersebut masih ramai dilakukan masyarakat.

Di TikTok sendiri, tagar Chinese Fashion Street sudah menyentuh angka 1,7 juta tayangan dan tagar China Fashion Street sebanyak 3,2 juta tayangan video.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Fenomena ini menjadi lebih menarik, sebab seolah-olah para pejalan kaki sedang dipotret oleh paparazzi. Hal ini berbeda dengan Citayam Fashion Week.

Tak hanya masyarakat biasa, para influencer akhirnya juga turut hadir di jalan sekitar Beijing dan Chengdu tersebut untuk ikut meramaikan Chinese Fashion Street.

Ilustrasi

Usai viral, gaya busana para model jalanan di China banyak yang meniru.

Berbagai content creator TikTok juga ikut membuat video serupa dengan gaya busana menyerupai yang ada di Chinese Fashion Street.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini