Share

5 Fakta Menarik Tentang Pesawat, Punya Klakson dan Dirancang Anti Petir

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 18 Juli 2022 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 17 406 2630964 5-fakta-menarik-tentang-pesawat-punya-klakson-dan-dirancang-anti-petir-DC4vQmd1pF.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

PESAWAT terbang diklaim sebagai alat transportasi yang paling aman, dan minim kecelakaan karena ia beroperasi di udara. Serta sudah memiliki jalurnya sendiri. Selain itu ada hal menarik lainnya lho tentang pesawat.

Hal-hal menarik yang terdapat di pesawat ini jarang diketahui. Atau mungkin bagi Anda yang sering bepergian menggunakan transportasi tersebut, tapi masih ada rahasia belum terungkap.

Berikut ini lima fakta menarik tentang pesawat, seperti dilansir dari akun Instagram @peponitravel.

1. Makanan pilot dan co-pilot berbeda

Tahukah Anda, bahwa pilot dan co-pilot harus memakan makanan yang berbeda? Hal ini adalah salah satu tindakan, guna mencegah terjadinya keracunan makanan.

Apabila salah satu dari mereka ada yang keracunan makanan, maka pesawat tetap dapat dioperasikan dengan baik. Sehingga nyawa penumpang dan awak kabin bisa terselamatkan.

Infografis Bagian Terlarang oleh Penumpang Pesawat

2. Pesawat mempunyai klakson

Sama seperti transportasi lainnya, pesawat terbang juga memiliki klakson. Berbeda dengan klakson yang biasa kita ketahui, klakson pada pesawat hanya digunakan saat pesawat dalam kondisi diam di darat dan digunakan untuk keperluan teknisi pesawat saja.

Klakson pesawat digunakan misalnya untuk menarik perhatian teknisi lain di luar pesawat, saat ditemukan suatu hal oleh teknisi di dalam ruang kokpit.

3. Suhu di dalam sebenarnya tidak dingin!

Ketika naik pesawat, di dalamnya terasa dingin dan sebagian ada yang beranggapan bukan hanya karena pendingin ruangan saja, tapi juga karena berada di ketinggian.

Tapi tahukah Anda, bahwasannya suhu di dalam pesawat hanya 23 derajat celsius dan hampir sama dengan suhu perkantoran pada umumnya. Akan tetapi dikarenakan gerakan yang terbatas di dalam pesawat, menjadikan tubuh tidak menghasilkan panas.

4. Pintu tidak bisa dibuka saat terbang

Ketika sedang terbang, pintu pesawat tidak bisa dibuka. Hal ini lantaran untuk membuka pintu tersebut, dikarenakan berada di udara maka anda harus menaklukkan tekanan seberat 11.000 kilogram.

Kemudian ditambah lagi, terdapat kunci mur yang menjaga pintu tetap tertutup. Jadi jangan sekali-kali memaksa membuka pintu pesawat ketika sedang terbang ya, karena ini sangat berbahaya.

Infografis Turbulensi Pesawat

5. Pesawat dirancang anti petir

Ketika sedang terbang, kemudian hujan disertai petir Anda jangan takut tersambar karena pesawat modern sudah dirancang anti petir.

Bagian badan pesawat telah dirancang untuk mengalirkan keluar arus listrik menuju ekor pesawat. Oleh karena itu para penumpang akan dijamin keselamatannya, meskipun sambaran petir di luar sana begitu ganas dan suaranya begitu keras.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini