Share

Reservasi Tiket Wisata Taman Nasional Komodo Rp3,75 Juta Secara Daring Berlaku Mulai Agustus 2022

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 18 Juli 2022 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 17 406 2631016 reservasi-tiket-wisata-taman-nasional-komodo-secara-daring-berlaku-mulai-agustus-2022-llIOTdBu5z.JPG Pulau Komodo, NTT (Foto: Instagram/@yesysinta)

KEPALA Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Zet Sony Libing menyebut, sistem pemesanan tiket wisata Taman Nasional Komodo (TNK) secara daring mulai diberlakukan pada Agustus 2022.

"Sistem pemesanan tiket secara online sudah kita siapkan untuk mulai diberlakukan pada Agustus 2022 bersamaan dengan pemberlakuan tarif baru TNK," kata dia, mengutip Antara.

Hal itu disampaikannya terkait pembenahan layanan tiket wisata ke Taman Nasional Komodo berbasis digital.

Sony mengatakan, sistem pemesanan tiket wisata secara daring ini dihadirkan untuk memudahkan wisatawan sekaligus mengontrol jumlah kunjungan ke Taman Nasional Komodo.

Infografis Labuan Bajo

Nantinya, kata dia, wisatawan yang memesan tiket secara daring akan dilayani mulai dari penjemputan hingga ke tempat wisata.

Menurut dia, wisatawan akan dilayani secara lengkap sesuai dengan harga baru tiket wisata TNK sebesar Rp3,7 juta.

"Jadi dengan harga tiket baru itu, pelayanan untuk wisatawan juga ditingkatkan termasuk nantinya mereka mendapatkan cenderamata dari UMKM," katanya.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Lebih lanjut, pemerintah kata dia, menerapkan tarif baru TNK dengan sejumlah tujuan terutama untuk konservasi agar satwa purba Komodo (Varanus Komodoensis) yang merupakan ikon wisata Labuan Bajo tetap lestari.

Selain itu, tarif baru juga dapat meningkatkan pendapatan daerah yang akan dimanfaatkan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat di dalam kawasan wisata.

Dirinya berharap, kebijakan tarif baru ini dipahami oleh berbagai terutama pelaku wisata karena juga bermanfaat untuk keberlangsungan usaha hingga ke generasi selanjutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini