Share

Inilah 20 Maskapai Terbaik di Dunia 2022, Nomor 5 Satu-satunya dari Asia Tenggara

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Senin 18 Juli 2022 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 406 2631318 inilah-20-maskapai-terbaik-di-dunia-2022-nomor-5-satu-satunya-dari-asia-tenggara-048KKmEznY.JPG Qatar Airways jadi maskapai terbaik dunia 2022 (Foto: Instagram/@qatarairways)

SITUS AirlineRatings.com merilis daftar World’s Best Airlines for 2021 atau daftar 20 maskapai terbaik di tahun 2022. Maskapai tersebut bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda penerbangan selanjutnya.

Posisi teratas masih ditempati oleh Qatar Airways yang selama dua tahun berturut-turut mempertahankan posisinya sebagai yang terbaik, menurut pemeringkatan ini. Penghargaan maskapai terbaik ini disusun oleh para editor global yang berpengalaman di industri penerbangan.

Penilaian menggunakan metodologi berbasis nilai yang objektif. Kriteria yang dinilai meliputi keselamatan dan produk, ulasan penumpang, usia armada, profitabilitas (keuntungan), dan komitmen terhadap lingkungan. Secara lengkap, berikut daftar maskapai terbaik dunia 2022, menurut pemeringkatan AirlineRatings.com:

1. Qatar Airways

Posisi teratas masih ditempati oleh Qatar Airways yang selama dua tahun berturut-turut mempertahankan posisinya sebagai yang terbaik. Qatar Airways, menjadi maskapai terbaik karena inovasi kabinnya, inflight service, dan dedikasinya serta komitmennya untuk terus beroperasi di masa pandemi Covid-19.

Qatar Airways

(Foto: Instagram/@qatarairways)

Qatar Airways juga menjadi maskapai yang pertama kali menyelesaikan audit dari Asosiasi Transportasi Udara Internasional dan termasuk di antara yang pertama untuk menguji keamanan Covid Safe Travel Pass.

2. Air New Zealand

Posisi kedua ada Air New Zealand. Meskipun tak menempati posisi teratas sebagai maskapai terbaik, Air New Zealand menjadi maskapai nomor satu dalam urusan teraman untuk tahun 20222. Maskapai ini tercatat beroperasi di beberapa kondisi cuaca yang paling menantang dan lingkungan yang terpencil. Ini juga memimpin dengan inovasi teknis dan memiliki armada yang sangat muda dengan usia rata-rata hanya 6,8 tahun.

Air New Zealand juga telah terlibat dalam berbagai peningkatan keselamatan seperti Sistem Navigasi Udara Masa Depan; pemantauan real-time mesinnya di seluruh armadanya, dan pendekatan presisi di sekitar pegunungan di awan, menggunakan RNP.

Etihad Airways

(Foto: Instagram/@etihad)


3. Etihad Airways

Maskapai terbaik di tahun 2022 yang menduduki posisi ketiga adalah Etihad Airways. Maskapai ini mengoperasikan lebih dari 1.000 penerbangan per minggu ke lebih dari 120 tujuan penumpang dan kargo di Timur Tengah, Afrika, Eropa, Asia, Australia, dan Amerika Utara, dengan armada 102 pesawat Airbus dan Boeing per Februari 2020. Selain kegiatan inti transportasi penumpang, Etihad juga mengoperasikan Etihad Holidays dan Etihad Cargo.

4. Korean Air

Korean Air menduduki posisi keempat sebagai maskapai terbaik di tahun 2022. Maskapai ini bermarkas di Gonghang-dong, Gangseo-gu di Seoul dan berdiri sejak tahun 1962, menggantikan Korean National Airlines yang didirikan tahun 1948 ketika Korea merdeka dari penjajahan Jepang.

Korean Air melayani destinasi 126 kota di 44 negara, sedangkan divisi domestiknya melayani 13 tujuan. Ini adalah salah satu dari 20 maskapai penerbangan teratas di dunia dalam hal penumpang yang dibawa dan juga salah satu maskapai kargo internasional teratas.

5. Singapore Airlines

Singapore Airlines menjadi maskapai terbaik kelima di tahun 2022. Maskapai ini terkenal karena menonjolkan Singapore Girl sebagai figur sentralnya di segmen branding korporat. Singapore Airlines menawarkan lima kelas layanan, yakni Suites, First class, Business class, Premium Economy class, dan Economy class.

6. Qantas

Qantas menempati posisi keenam sebagai maskapai terbaik di tahun 2022. Ini adalah maskapai tertua ketiga di dunia yang masih beroperasi, yang didirikan pada November 1920. Maskapai ini berbasis di pinggiran Sydney Maskot, berdekatan dengan hub utamanya di Bandara Sydney.

7. Virgin Australia

Virgin Australia menjadi maskapai terbaik ketujuh di tahun 2022. Ini adalah maskapai penerbangan terbesar berdasarkan ukuran armada yang menggunakan merek Virgin. Maskapai ini memulai layanan pada tanggal 31 Agustus 2000 sebagai Virgin Blue, dengan dua pesawat pada satu rute. Kini, Virgin Australia telah berkembang melayani langsung 32 kota di Australia, dari hub di Brisbane, Melbourne dan Sydney.

Virgin Australia

(Foto: Instagram/@virginaustralia)

8. EVA Air

EVA Air menduduki posisi kedelapan sebagai maskapai terbaik di tahun 2022. Maskapai ini melayani penerbangan penumpang dan kargo ke lebih dari 40 destinasi di Asia, Amerika Utara, Australia, dan Eropa. EVA Air merupakan maskapai terbesar kedua di Taiwan dan memiliki jaringan rute internasional sepenuhnya. Maskapai ini adalah salah satu maskapai pertama yang memperkenalkan kelas Ekonomi Premium (sebelumnya disebut Elite Class oleh EVA Air), yang memulai debutnya pada tahun 1991.

9. Turkish Airlines

Turkish Airlines menjadi maskapai terbaik kesembilan di tahun 2022. Maskapai ini melayani lebih banyak tujuan non-stop dari satu bandara daripada maskapai lain di dunia dan terbang ke 126 negara, lebih banyak dari maskapai lainnya. Pada Agustus 2019, maskapai ini bahkan mengoperasikan layanan terjadwal ke 315 tujuan di Eropa, Asia, Afrika, dan Amerika, menjadikannya maskapai arus utama terbesar di dunia berdasarkan jumlah tujuan penumpang.

10. All Nippon Airways

All Nippon Airways menduduki posisi kesepuluh sebagai maskapai terbaik di tahun 2022. Ini juga berstatus sebagai maskapai penerbangan nasional Jepang. All Nippon Airways melayani 49 destinasi domestik, 35 rute internasional.

11. Cathay Pacific Airways

Cathay Pacific Airways menjadi maskapai terbaik kesebelas di tahun 2022. Ini adalah maskapai penerbangan terbesar kelima di dunia berdasarkan penjualan, dan terbesar keempat belas diukur berdasarkan kapitalisasi pasar.

12. Virgin Atlantic

Virgin Atlantic menduduki posisi kedua belas sebagai maskapai terbaik di tahun 2022. Maskapai ini beroperasi dengan konfigurasi kabin tiga kelas, yakni Ekonomi , Premium, dan Kelas Atas. Premium memiliki area check-in terpisah, boarding prioritas, dan kursi yang lebih luas dengan ruang kaki yang lebih banyak.

Kelas Atas memiliki kursi yang dapat diubah menjadi tempat tidur yang sepenuhnya datar dan akses ke pengemudi. Virgin Atlantic adalah maskapai penerbangan pertama yang menawarkan hiburan pribadi untuk semua penumpang di semua kelas.

Japan Airlines

(Foto: Instagram/@japanairlines_jal)

13. Japan Airlines

Japan Airlines menduduki posisi ketiga belas sebagai maskapai terbaik di tahun 2022. Ini menjadi maskapai penerbangan internasional dan pembawa bendera Jepang sekaligus kedua maskapai penerbangan terbesar pada tahun 2021, berkantor pusat di Shinagawa, Tokyo.

14. JetBlue

Selanjutnya ada JetBlue, maskapai penerbangan berbiaya rendah utama Amerika dan maskapai penerbangan terbesar ketujuh di Amerika Utara berdasarkan jumlah penumpang yang dibawa. JetBlue mengoperasikan lebih dari 1.000 penerbangan setiap hari dan melayani 100 tujuan jaringan domestik dan internasional di Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Karibia, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Eropa.

15. Finnair

Maskapai terbaik di tahun 2022 berikutnya ada Finnair. Finnair juga menjadi maskapai bintang 4 atas standarnya melalui penilaian Skytrax. Pada tahun 2018 Finnair adalah maskapai teraman di dunia menurut kantor keamanan penerbangan Hamburg JACDEC dan majalah penerbangan Aero International.

16. Emirates

Selanjutnya ada Emirates. Maskapai ini merupakan anak perusahaan dari The Emirates Group dan menjadi maskapai penerbangan terbesar di Timur Tengah.

Emirates mengoperasikan lebih dari 3.600 penerbangan per minggu dari hubnya di Terminal 3 dari Bandara Internasional Dubai sebelum pandemi Covid-19. Maskapai ini beroperasi di lebih dari 150 kota di 80 negara di 6 benua melalui armadanya yang terdiri dari hampir 300 pesawat.

17. Hawaiian

Maskapai terbaik di tahun 2022 berikutnya adalah Hawaiian. Ini adalah maskapai penerbangan komersial terbesar kesepuluh di Amerika Serikat, dan berbasis di Honolulu, Hawaii.

Infografis Maskapai Paling Tepat Waktu di Dunia

Hawaiian menjadi maskapai penerbangan Amerika tertua yang tidak pernah mengalami kecelakaan fatal dan sering kali menduduki puncak daftar maskapai tepat waktu di Amerika Serikat, serta paling sedikit pembatalan, penjualan berlebih, dan masalah penanganan bagasi.

18. Air France/KLM

Maskapai terbaik di tahun 2022 berikutnya Air France/KLM. Air France/KLM adalah perusahaan induk maskapai penerbangan Prancis-Belanda yang didirikan berdasarkan hukum Prancis dengan kantor pusat di Bandara Charles de Gaulle di Tremblay-en-France, dekat Paris.

19. Alaska Airlines

Maskapai terbaik di tahun 2022 lainnya adalah Alaska Airlines. Maskapai ini awalnya didirikan dengan nama McGee Airways pada tahun 1932, dan hanya melayani penerbangan dari Anchorage, Alaska.

Namun kini, Alaska telah terbang ke lebih dari seratus destinasi di seluruh Amerika Serikat, serta ke Kanada, Kosta Rika, dan Meksiko. Bahkan, maskapai ini mendapat sebutan 'maskapai besar' dari Departemen Transportasi Amerika Serikat.

20. British Airways

Maskakai terbaik di tahun 2022 yang terakhir diduduki oleh British Airways. Maskapai ini adalah maskapai penerbangan terbesar kedua yang berbasis di Inggris, berdasarkan ukuran armada dan penumpang yang dibawa, di belakang easyJet.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini