Share

Sandiaga Pastikan Puncak Event G20 di Bali Libatkan Desa Wisata dan UMKM

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 18 Juli 2022 19:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 406 2631830 sandiaga-pastikan-event-g20-libatkan-desa-wisata-dan-umkm-FGEfrCJ119.jpg Menparekraf Sandiaga Uno (Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa Bali siap menyambut delegasi dari berbagai negara yang akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November 2022.

Menurutnya pada Oktober nanti segala persiapan untuk penyelenggaraan KTT G20 di Bali akan kelar.

"Untuk venue, transportasi dan pengaturan lainnya. Kami juga memastikan bahwa kita menggandeng para pelaku UMKM dalam penyediaan suvenir untuk para delegasi," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing Kemenparekraf secara virtual, Senin (18/7/2022).

Selain itu, desa-desa wisata khususnya di Bali juga akan dilibatkan. Sehingga pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di sekitarnya akan ikut merasakan, adanya manfaat dari event G20.

 BACA JUGA:Menparekraf Sandiaga Uno Lihat Kota Lama Semarang Dapat Jadi Percontohan Parekraf

"Jadi tourism working group baik yang pertama dan kedua nantinya di Bali akan melibatkan para UMKM dan ekonomi lokal. Desa-desa wisata agar G20 ini, dirasakan manfaatnya bagi masyarakat parekraf di seluruh Indonesia," ujarnya.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Sandiaga melanjutkan, persiapan-persiapan yang dipastikan siap menjelang summit 2022 Oktober nanti, mulai dari terminal kedatangan Ngurah Rai, pengaman hingga komunikasi jalan raya dan pengisian kendaraan listrik umum. Hal ini karena di Indonesia suda cukup banyak menggunakan kendaraan tenaga listrik.

 ilustrasi

Selain itu, kata Sandiaga, pengelolaan sampah makanan juga akan dipersiapkan. Sebab isu tersebut saat ini tengah gencar dikampanyekan, agar masyarakat terlebih pengusaha makanan tidak membuang limbah makanan sembarangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini