Share

10 Kota Paling Modern di Dunia Punya Gedung Pencakar Langit

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Selasa 19 Juli 2022 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 408 2631380 10-kota-paling-modern-di-dunia-punya-gedung-pencakar-langit-Rpv0y5EtA9.jpg Gedung Pencakar Langit (dok iStock)

IMPIAN setiap kota di belahan dunia manapun adalah menjadi yang paling modern. Entah dari segi teknologi, arsitektur, perancangan kota, hingga isu sosial.

Sejumlah kota di berbagai negara sudah sangat menunjukan sisi modernitas yang membuat takjub setiap turis yang datang. Atau bahkan, saking modernnya, sederet kota ini pun menjadi role model bagi negara-negara lain.

Berikut ada 10 kota paling modern di dunia dengan gedung pencakar langit menjulang:

1. Tokyo, Jepang

Sudah bukan hal asing lagi ketika Tokyo dipenuhi oleh gedung pencakar langit. Salah satu bangunan yang menjulang tinggi dan tak pernah gagal menyita perhatian turis adalah Tokyo Sky Tree.

Bayangkan saja, tingginya mencapai 634 meter, mengalahkan Cina Canton Tower. Tapi di samping itu, Jepang, khususnya Tokyo sangat maju dalam bidang teknologi.

Mengutip dari livejapan ada sebuah start up berbasis di Tokyo menciptakan cincin yang terhubung ke smartphone melalui bluetooth sehingga dapat melakukan pembayaran elektronik dengan lambaian tangan.

2. Singapura

Negaranya memang tak begitu luas, tapi jangan salah, gedung pencakar langut dengan arsitektur modern hadir di Singapura. Seperti misalnya saja Hotel SkyPark yang punya pemandangan luar biasa,

Meski begitu, taman-taman kota atau area hijauh masih dengan mudah ditemukan. Selain itu, Singapura juga bangga dengan ekominya yang paling ramah bisnis, pendidikan berkelas, dan juga perkembangan seni yang pesat.

infografis

3. Tallinn

Perlu dikethaui, kota Tallinn, Estonia adalah tempat dimulainya Skype dan Bolt. Pada awal tahun 2002, pemerintah Estonia telah memasang jaringan wifi gratis di sebagain besar wilayah berpenduduk.

Pada tahun 2012, Estonia telah mengahdirkan kecepatan sangat tinggi untuk koneksi data internet.

4. Helsinki, Finland

Kemajuan teknologi kota Helsinki, Finlandia tak perlu dipertanyakan lagi. Dari segi arsitektur pun mengusung Skandinavia modern.

Kota Helskinki terkenal atas katedral neoklasik yang mendominasi, tapi kota ini juga memiliki banyak bangunan modern nan indah di distrik desainnya.

Menjangkau koneksi internet pun bukanlah sesuatu yang sulit jika sedang berada di Helsinki. Terang saja, kota paling maju di Finlandia ini memiliki zona wifi gratis untuk seluruh kota.

5. Bangalore

Pertumbuhan sektor teknologi dan informasi di Bangalore atau Bangaluru begitu luar biasa lantaran didukung oleh semangat inovatif penduduknya. Talenta penduduk yang menghasilkan ide-ide besar menjadikan jumlah perusahaan dalam negerti meningkat

Saat ini, Bangalore bertanggung jawab atas lebih dari setengah industri biotek mutakhir India.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

6. Shanghai

Pemandangan gedung pencakar langit modern menghiasi kota Shanghai, China. Terlebih di malam hari, kota ini terlihat semakin cantik berkat lampu dengan sinar spektakuler memancar dari gedung. Tapi bukan itu saja sisi modern yang membuat Shanghai mengangumkan.

Dari segi ekonomi, Shanghai menciptakan Zona Ekonomi Pudong untuk investasi luar negeri. Hal ini telah berhasil menyerap modal luar negeri dan mengahsilkan banyak pembangunan ekonomi di Shanghai.

7. Seoul

Seoul Korea Selatan, menjadi salah satu tujuan wisata para turis di dunia, termasuk pula Indonesia. Keindahan tata kota sampai kuliner khas mengunggah selera selalu menjadi daya pikat yang ampuh.

Meskipun dahulu Seoul pernah menjadi kota yang dimiskinkan oleh Perang Korea, tapi semua berbanding terbalik. Ya, Seoul menjadi salah satu kota berteknologi paling maju di dunia.

Pada tahun 2010 Seoul bahkan disebut sebagai the World Design Capital.

8. San Francisco

Selain menjadi kota paling progresif secara sosial di Amerika, San Fransisco juga sdisebut sebagai pusat inovasi teknologi Amerika. Ratusan perusahaan termasuk Apple, Facebook, Googke, dan Twitter berbasis di komunitas inovatif ini.

Tak sampai disitu saja, lembaga teknologi seperti institut Penelirian Ames Nasa juga berada di San Fransisco.

9. London

Banyak arsitektur bersejarah mendiami kota London, namun gedung pencakar langit yang berkilau pun tak kalah mempesona di sana.

Di sisi lain, survei kualitas hidup Mercer tahun 2012 menyatakan London menduduki peringkat keenam untuk kualitas infrastruktur. Hal ini mencangkup pasokan listrik, layanan komunikasi, hinga layanan publik.

Penduduk di London juga memiliki kualitas hidup tertinggi dibanding kita lain di Inggris.

10. Hong Kong

Arsitektur modern di Hong Kong seperti gedung pencakar langit masih diimbangi dengantaman yang dilindungi. Transportasi publik di Hong Kong pun sangat memadai seperti bus, trem, kereta api, hingga feri,

Bergeser dari area kota, Hong Kong dihiasi pula dengan pantai dan jalur pegunungan mempesona.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini