Share

Ikan Monster Oarfish Panjang 16 Kaki Tertangkap, Diyakini Pertanda Datangnya Tsunami

Muhaimin, Jurnalis · Selasa 19 Juli 2022 04:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 18 549 2631363 ikan-monster-oarfish-panjang-16-kaki-tertangkap-diyakini-pertanda-datangnya-tsunami-0mZYfKBfoF.jpg Ikan Oarfish (dok ist)

SEKELOMPOK nelayan baru-baru ini menangkap ikan monster Oarfish sepanjang 16 kaki (hampir 5 meter) di Chile. Orang-orang takut munculnya ikan ini sebagai pertanda akan datangnya gempa dan tsunami.

Video penangkapan Oarfish telah viral di TikTok dengan hampir 10 juta kali ditonton. Video pendek itu menunjukkan ikan panjang bertulang diikat di kepala saat para nelayan memindahkannya ke darat.

Menurut Daily Star, ikan yang diidentifikasi sebagai Oarfish itu berukuran panjang 16 kaki.

Dikaitkannya Oarfish dengan munculnya gempa dan tsunami sebenarnya merupakan kepercayaan tradisional. β€œIkan menakjubkan yang menakutkan,” tulis seorang pengguna TikTok mengomentari posting video tersebut.

infografis

"Oarfish hidup di kedalaman. Dikatakan bahwa ketika mereka mulai ke permukaan itu karena lempeng tektonik sedang bergerak," tulis pengguna TikTok lainnya.

Para pengguna internet percaya bahwa kedekatan makhluk itu dengan pantai menandakan gempa bawah laut yang akan segera terjadi. Kepercayaan ini berakar pada legenda bahwa Oarfish adalah pertanda gempa bumi dan tsunami.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Teori ini belum pernah dikonfirmasi oleh sains, tetapi otoritas lokal sekarang harus mempertimbangkan apa yang membawa ikan itu ke permukaan.

Oarfish bisa mencapai panjang hingga 11 meter. Mereka biasanya hidup di air yang dalam dan hanya kembali ke permukaan ketika mereka sakit, sekarat atau berkembang biak.

Sementara itu, ikan ini jarang ditemukan. Kembali pada bulan April, seekor Oarfish ditemukan di sebuah pantai di Selandia Baru, di mana ia ditemukan oleh pengunjung pantai setempat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini