Share

6 Fakta Ikan Raksasa Arapaima yang Ditemukan Usai Banjir Garut, Bisa Bertahan Tanpa Air

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Rabu 20 Juli 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 19 406 2632292 6-fakta-ikan-raksasa-arapaima-yang-ditemukan-usai-banjir-garut-bisa-bertahan-tanpa-air-fHOwbH241G.jpg Ikan arapaima ditemukan di kebun warga di Batam (Istimewa)

TERDAPAT 6 fakta ikan raksasa arapaima yang ditemukan usai banjir Garut, Jawa Barat. Banjir menerjang 20 desa dalam delapan kecamatan di Kabupaten Garut, pada Jumat 15 Juli 2022, akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut.

Pasca banjir yang merendam beberapa wilayah tersebut, warga Garut dihebohkan dengan penemuan dua ekor ikan raksasa berjenis arapaima gigas. Kedua ikan ini ditemukan di daerah Cipejeuh, Dayeuhandap.

Nah, berikut adalah 6 fakta ikan raksasa arapaima yang ditemukan usai banjir Garut.

 BACA JUGA:Wisata Sejarah Candi Cangkuang Garut: Lokasi Rute, Harga Tiket, dan Daya Tarik

6 Fakta Ikan Raksasa Arapaima yang Ditemukan Usai Banjir Garut

 

 

1. Ikan purba

 

Ikan yang memiliki ukuran jumbo ini masuk ke dalam kategori ikan purba karena secara anatomi tubuhnya identik dengan hewan-hewan yang hidup di zaman tersebut. Ciri utamanya adalah ukuran sisik yang besar dan lebar.

Bukan hanya itu saja, peneliti mengungkapkan jika arapaima gigas diperkirakan sudah hidup selama 23 juta tahun dan dijuluki sebagai fosil hidup.

 

2. Jenis predator

Sungai Amazon merupakan rumah bagi ikan raksasa yang satu ini. Ikan arapaima dalam habitat aslinya berperan sebagai ikan predator bagi ikan-ikan kecil.

Maka dari itu, jika ikan arapaima dilepas begitu saja akan dianggap berbahaya bagi biota air tawar di Indonesia. Karena kehadirannya bisa mengancam ekosistem air tawar yang ada.

 BACA JUGA:Taman Satwa Cikembulan Garut: Daya Tarik, Lokasi Rute, Harga Tiket dan Fasilitas

3. Bisa bertahan tanpa air

Ikan arapaima gigas memang memiliki keunikan tersendiri. Selain memiliki bentuk yang besar dengan sisik yang lebar, ikan arapaima ternyata mampu bertahan tanpa air selama 24 jam lebih.

Hal ini bisa terjadi karena ikan purba yang satu ini memiliki swim bladder atau kandung kemih yang bisa berfungsi sebagai paru-paru. Jadi dia akan bertahan cukup lama walau tanpa air.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

4. Berat yang fantastis

Tak heran jika ikan ini disebut sebagai ikan raksasa atau mosnter air tawar. Pasalnya, ikan arapaima gigas ini bisa tumbuh dengan bobot rata-rata 200 kg dan panjangnya 2,5 m.

5. Bisa dikonsumsi

Ikan Sungai Amazon ini biasanya dipelihara untuk dijadikan koleksi. Namun ternyata ikan ini bisa dikonsumsi juga loh. Ikan arapaima memiliki kandunggan kolagen yang tinggi dan dagingnya terkenal empuk.

 ilustrasi

6. Harganya mahal

Bagi anda pecinta ikan, jika ingin memiliki ikan arapaima gigas harus siap-siap mengeluarkan kocek yang tidak sedikit. Ikan arapaima gigas dibanderol dengan harga 800 ribu hingga 1 juta. Jika ikannya berukuran lebih besar biasanya dihargai 5-8 juta per ekornya.

Itulah 6 fakta ikan raksasa arapaima yang ditemukan usai banjir Garut. Tertarik untuk membelinya?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini