Share

5 Fakta Menarik Omiai, Sistem Taaruf ala Negara Jepang

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Rabu 20 Juli 2022 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 19 406 2632340 5-fakta-menarik-omiai-sistem-taaruf-ala-negara-jepang-kpv7HyxefE.jpg Tradisi omiai di Jepang (Foto japanese-tradition.com)

ADA 5 fakta menarik Omiai, sistem ta’aruf ala negara Jepang akan dibahas pada artikel kali ini. Jepang terkenal dengan tradisinya yang unik, salah satunya adalah Omiai.

Omiai sebenarnya cukup mirip dengan sistem perjodohan yang ada di Indonesia, yaitu ta’aruf. Sistem perjodohan ini sudah ada di Jepang sejak zaman dahulu. Meski sempat ditinggalkan, namun akhir-akhir ini Omiai kembali populer.

Nah, berikut adalah 5 fakta menarik Omiai, sistem ta’aruf ala negara Jepang yang mungkin belum anda ketahui.

 BACA JUGA:10 Fakta Sejarah Onna-Bugeisha, Samurai Wanita Jepang Benyali Singa yang Terlekang Zaman

5 Fakta Menarik Omiai, Sistem Taaruf ala Negara Jepang

 

 

1. Syarat khusus bagi laki-laki

Untuk mengikuti sistem perjodohan ini, setiap kandidat yang ikut harus memenuhi beberapa syarat. Adapun syarat khusus yang ditujukan kepada setiap laki-laki yang ingin mendaftar menjadi peserta Omiai.

Agensi biro Omiai memberikan syarat khusus untuk laki-laki, yaitu mereka harus berpenghasilan minimal 400 ribu yen per bulan. Apabila laki-laki tersebut tidak bisa menyanggupi maka ia tidak bisa melanjutkan proses perjodohan ini.

 

2. Dari inisiatif sendiri

Jepang dikenal dengan jumlah pernikahan yang rendah. Bahkan di tahun 2020 jumlahnya turun sebesar 12,3%. Meski demikian, masih ada penduduk Jepang yang memiliki keinginan untuk menikah dan berkeluarga. Untuk itu, biasanya orang-orang yang ingin menikah akan mendaftar ke biro jodoh atas inisiatif dari dirinya sendiri.

 BACA JUGA:Mengenal Tradisi Unik Kecantikan Wanita Jepang, Gunakan Kotoran Burung sebagai Bedak

3. Perantara Nakodo atau informan

Setelah kandidat perjodohan mendaftar ke biro jodoh dan telah memenuhi persyaratan, Nakodo atau informan akan menjadi perantara agar para kandidat laki-laki dan perempuan bertemu.

Nakodo akan memberikan dokumen berisikan foto-foto kandidat perempuan ke pihak laki-laki. Apabila dirasa cocok, Nakodo akan mempertemukan keduanya.

Jika kandidat laki-laki serius, dia akan segera melamar kandidat perempuan dengan mambawa hadiah serta cicin bersama keluarganya.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

4. Memiliki keuntungan

Japan Arranged Marriage Association menganalisa dan menemukan jika Omiai memiliki keuntungan bagi kandidat dan juga keluarga kedua belah pihak.

Salah satunya adalah kandidat jadi lebih mengenal calon pasangan. Bagi kandidat perempuan juga bisa memilih pasangan sesuai kriterianya, tentunya tanpa menyakiti perasaan calon pasangan.

 ilustrasi

5. Menyumbang 23% pernikahan di Jepang

Sistem perjodohan Omiai ternyata memiliki sumbangsih yang besar dalam pernikahan di negara sakura. Di tahun 2010, Omiai menyumbangkan 5,2% pernikahan. Lima tahun kemudian, angkanya naik menjadi 6,4%. Jika ditotal, Omiai telah menyumbang sebanyak 23% pernikahan di Jepang.

Demikian informasi mengenai 5 fakta menarik omiai, sistem taaruf ala negara Jepang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini