Share

Pesona Eksotis Goa Jatijajar di Kebumen, Bikin Betah Berlama-Lama!

INews.id, Jurnalis · Rabu 20 Juli 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 19 408 2632056 pesona-eksotis-goa-jatijajar-di-kebumen-bikin-betah-berlama-lama-z4yNF6DNm0.jpg Goa Jatijajar (dok Ist/Perpustakaan Nasional)

PESONA Goa Jatijajar yang eksotis di Kebumen bisa menjadi salah satu agenda wisata yang patut kamu coba. Goa Jatijajar ini terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Tempat wisata ini berjarak 32 kilometer dari pusat kota Kebumen dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Goa Jatijajar ini merupakan salah satu tempat wisata terkenal yang ada di Kebumen dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Di dalam Goa Jatijajar ini pengunjung bisa menikmati pemandangan menakjubkan dari stalagtit dan stalagmit yang telah terbentuk selama jutaan tahun. Pemandangan di dalam gua semakin cantik dengan adanya patung-patung berwarna putih berukuran manusia.

Tak hanya itu, di dalam Goa Jatijajar ini juga terdapat empat sendang atau sumber mata air, yakni Sendang Mawar, Sendang Kantil, Sendang Puser Bumi dan Sendang Jombor.

infografis

Setiap sendang tersebut dipercaya memiliki khasiat yang berbeda-beda. Misalnya adalah air Sendang Puser Bumi dan Jombor dipercaya mempunyai khasiat yang bisa digunakan dalam segala tujuan berdasarkan kepercayaan masing-masing.

Kemudian untuk Sendang Mawar dipercaya mampu membuat seseorang awet muda jika mandi maupun mencuci muka di sendang tersebut. Sedangkan untuk yang mencuci muka atau mandi di Sendang Kantil dipercaya akan akan terwujud semua hajat atau keinginannya. Goa Jatijajar semakin menarik dengan adanya diorama legenda Lutung Kasarung.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Sejarah Goa Jatijajar

Menurut sejarah, Goa Jatijajar ini pertama kali ditemukan pada 1802 oleh seorang petani bernama Jayamenawi. Saat ini, Jayamenawi yang tengah mencari rumput terjatuh ke dalam gua yang ternyata ventilasi di langit-langit gua.

Setelah itu, ia pun melaporkan temuannya ini ke pihak pemerintah setempat. Beberapa saat kemudian, Bupati Ambal, salah satu penguasa Kebumen saat ini lantas mendatangi lokasi.

Sesampainya disana, ia melihat dua pohon jati yang sejajar yang terletak di tepi mulut gua. Oleh karena itu gua tersebut diberi nama Goa Jatijajar.

Goa Jatijajar menjadi obyek wisata mulai dilakukan pada tahun 1975 atas ide Gubernur Jawa Tengah saat itu, Suparjo Rustam.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini