Share

5 Kuliner Khas Bali Menggoda Selera, Wajib Dicoba!

Siska Permata Sari, Jurnalis · Kamis 21 Juli 2022 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 20 301 2632822 5-kuliner-khas-bali-menggoda-selera-wajib-dicoba-qLOmcuvyAS.jpg Ayam Betutu Kuliner Khas Bali (dok ANTARA)

BALI masih menjadi destinasi favorit bagi kalangan traveler. Tak sekadar menawarkan keindahan, Pulau Dewata juga menyimpan beragam wisata kuliner khasnya. 

Dirangkum MNC Portal, berikut lima wisata kuliner khas Bali yang menggoda selera:

1. Ayam Betutu

Makanan khas Bali yang paling familiar yakni, ayam betutu. Hidangan ayam utuh yang dibumbui kemudian dipanggang dalam api sekam. Kata betutu sendiri berasal dari kata tunu yang berarti bakar, dan dirangkai dengan kata be yang berarti daging.

Dalam pembuatannya, daging ayam yang telah dibersihkan, dibalurkan bumbu khas Bali di seluruh permukaan tubuh daging ayam dan sebagian lagi dimasukkan ke dalam rongga abdomennya. Daging ayam yang telah dibumbui tersebut kemudian direbus atau langsung dibakar hingga menghasilkan aroma yang khas.

Menurut tradisi Bali, ayam betutu biasanya disajikan pada saat upacara adat seperti odalan, otonan, maupun perkawinan. Namun, kini makanan tradisional ini telah mudah dijumpai di restoran-restoran atau rumah makan di Bali.

infografis

2. Sate Lilit

Makanan khas Bali berikutnya ada sate lilit. Meski bentuknya menyerupai sate pada umumnya, sate lilit mempunyai kekhasan atau ciri khas tersendiri. Sate lilit biasanya terbuat dari daging ikan. Daging ikan dicincang, dibumbui, kemudian dililit ke batang daun serai. IG@kuesabine_bytutiputu (iNews.id/esa putra tanjung) Lalu, sate lilit dibakar hingga berubah warna menjadi kecoklatan dan harum. Sate lilit akan terasa lengkap jika disajikan bersama sambal matah atau bisa juga dengan sambal kecap.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

 3. Nasi Jinggo

Makanan khas Bali berupa nasi jinggo ini sangat populer. Nasi jinggo, makanan yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan daging ayam suwir-suwir, mi goreng, tempe goreng, serundeng, dan dilengkapi dengan sambal khas Bali. Nasi jinggo biasanya dibungkus oleh daun, mirip seperti nasi kucing, sehingga menambah cita rasanya yang lezat. Selain itu, harga seporsi nasi jinggo pun tergolong terjangkau, dan membuat makanan satu ini menjadi salah satu makanan favorit para wisatawan di Bali.

4. Sate Kakul

Jika tadi sudah ada sate lilit, kali ini adalah sate kakul. Sesuai namanya, makanan tradisional Bali yang satu ini memang berbentuk sate namun terbuat dari kerang darah. Rasanya, tidak kalah lezat dari daging lainnya seperti daging ayam maupun kambing. Apalagi sate kakul juga dipadukan dengan bumbu plecing ataupun saus tiram.

Selain itu, cara pembuatannya mudah. Kerang tanpa cangkang direbus dengan air bersama serai dan air asam jawa. Kemudian ditunggu sampai matang, angkat, dan tiriskan. Tusukkan kerang dengan tusuk sate, lalu celup dengan bumbu halus hingga merata lalu dibakar hingga matang. Anda bisa menyajikannya dengan potongan lontong. Hmmm... lezat!

5. Serombotan

Makanan khas Bali berikutnya yakni Serombotan. Masakan khas Bali ini berasal dari kabupaten Klungkung. Serombotan mempunyai kemiripan dengan urap karena terbuat dari sayuran seperti kangkung, bayam, tauge, kacang panjang, buncis, dan lainnya. (Hidangan ini dilengkapi dengan bumbu sambal kelapa yang terbuat dari kelapa yang dibakar dan diparut, bawang putih, cabai besar, cabai kecil, lengkuas, kencur, terasi, dan gula Jawa.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini