Share

6 Kuliner Khas Jawa yang Populer, Bikin Nagih!

Vien Dimyati, Jurnalis · Kamis 21 Juli 2022 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 20 301 2632831 6-kuliner-khas-jawa-yang-populer-bikin-nagih-aKrviEtyME.jpg Sambal Wader Kuliner khas Jawa (dok Instagram @banususanto)

BAGI pecinta kuliner sebaiknya mencoba enam wisata kuliner khas Jawa yang populer. 

Kuliner khas Jawa itu dijamin membuat wisatawan nagih dan ingin menambah porsinya. 

Dirangkum MNC Portal, berikut enam wisata kuliner khas Jawa yang populer:

1. Sambal Wader

Sambel Wader adalah makanan khas Jawa Timur dengan olahan berbahan dasar ikan. Anda bisa dengan mudah menemukan menu sambal wader di Mojokerto. Wader merupakan salah satu jenis ikan yang bisa ditemukan di sungai.

Ikan wader berukuran kecil, namun jangan pernah menyepelekan kelezatan yang ditawarkan. Selain itu, di dalam sambal wader, Anda juga bisa menikmati ikan-ikan lain yang lezat.

infografis

2. Nasi Gandul

Nasi gandul adalah salah satu makanan khas Jawa khususnya Jawa Tengah yang unik. Berasal dari Pati, nasi gandul memiliki rasa pedas. Menu ini dilengkapi dengan daging sapi, telur dan disiram dengan kuah pedas.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Lumpia Semarang

Makanan khas Jawa Tengah dari Semarang ini cocok dimakan saat masih hangat, ditambah lagi dengan cabai. Isian dari lumpia khas Semarang adalah rebung (bambu muda). Resep Lumpia tiap daerahnya berbeda, ada yang isi telur, daging ayam, udang, ataupun sayuran.

4.  Nasi Lengko

Makanan khas Jawa Barat ini dapat ditemukan di daerah Cirebon dan juga Indramayu. Namun, sekarang, menu ini sudah banyak ditemukan di daerah lain di Jawa Barat, bahkan hingga ke luar provinsi.

5. Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah salah satu makanan Jawa Barat yang harus Anda coba. Sate ini merupakan menu khas yang dulunya berasal dari Ciamis. Namun, dalam perkembangannya, jenis sate ini mulai menyebar ke daerah lain, bahkan hingga ke luar Jawa Barat.

Sate ini menggunakan bahan dasar berupa daging kerbau. Daging kerbau tersebut dicampur dengan bumbu seperti ketumbar, lengkuas, kunyit, jahe, kecap manis dan cuka lahang.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini