Share

6 Pantangan yang Bikin Seret Jualan Menurut Primbon Jawa, Bisa Bawa Sial!

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 21 Juli 2022 21:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 20 406 2633194 6-pantangan-yang-bikin-seret-jualan-menurut-primbon-jawa-bisa-bawa-sial-ywfAiNE8rM.jpg Ilustrasi (Freepik)

ADA 6 pantangan yang bikin seret jualan menurut Primbon. Dalam kitab warisan leluhur Jawa tersebut, pedagang tak dibolehkan melakukan pantengan ini karena diyakini bisa berimbas kurang larisnya dagangannya.

Tentu saja ini berdasarkan Primbon yang berfungsi sebagai pedoman untuk menentukan sikap dalam suatu tindakan dalam kehidupan masyarakat Jawa, jadi bisa percaya atau tidak.

 BACA JUGA:10 Wisata Horor di Surabaya, Bikin Merinding!

Apa saja pantangannya? Berikut ulasannya sebagaimana dikutip dari yang dikupas kanal YouTub Dewi Sundari Praktisi Kewajen :

1. Memberikan Garam

Pantangan pertama adalah memberikan garam. Jika ada orang yang datang meminta garam saat Anda membuka toko atau usaha, sebaiknya jangan diberi, meskipun orang itu adalah tetangga dekat atau keluarga sendiri.

Menurut Primbon Jawa, memberikan garam kepada orang lain bisa menarik rezeki dan membuat barang jualan tidak laris. Jika memang ada orang yang datang meminta garam, maka mintalah orang tersebut untuk menunggu sampai barang jualan Anda sudah ada pembelinya.

 

2. Orang berutang

Kedua, membiarkan orang berutang. Apabila Anda baru saja membuka tempat berdagang, lalu ada orang datang yang berniat berutang, maka jangan dilayani.

Menurut Primbon Jawa, memberikan utang saat barang dagangan belum terjual, dipercaya akan membawa sial dan membuat barang jualan seret alias tidak laris sepanjang hari. Dan, orang yang datang kedepannya hanya berniat berutang, bukan membeli dagangan Anda.

 BACA JUGA:5 Objek Wisata Horor Terpopuler di Jawa Barat, Dijamin Bikin Bulu Kuduk Berdiri!

3. Orang yang mengelilingi tempat usaha

Apabila saat Anda membuka tempat usaha ada orang yang nampak sedang mengelilingi tempat usaha Anda, seperti mondar-mandir tidak jelas, ajaklah orang tersebut masuk dan duduk. Kemudian, berikan makanan tetapi jangan berikan barang jualan Anda. Berikan makanan yang Anda bawa dari rumah.

Menurut Primbon, hal ini adalah pertanda bahwa orang tersebut memiliki niat buruk untuk menyalahgunakan barang jualan Anda agar usaha Anda sepi dan tidak didatangi pembeli.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

4. Simpan uang pembeli pertama

Selanjutnya, menyimpan uang pembeli pertama. Uang pertama yang Anda dapatkan di hari pertama dagang jangan dipakai untuk kembalian. Simpanlah uang tersebut hingga tempat berdagqng Anda tutup. Menurut Primbon Jawa, uang ini bisa dimanfaatkan orang lain untuk menarik minat pembeli Anda, sehingga dagangan Anda pun seret sepanjang hari.

5. Jangan meludah di depan tempat jualan

Berikutnya, dilarang membuang ludah di depan tempat jualan. Menurut Primbon Jawa, hal ini akan menghilangkan keberuntungan Anda, sehingga barang dagangan Anda pun tidak laris. Di sisi lain, ini juga dilakukan untuk menjaga kebersihan toko Anda. Dengan begitu, para pembeli yang datang pun merasa nyaman.

 ilustrasi

6. Jangan lewati rumah yang sedang berkabung

Terakhir, hindari melewati rumah yang sedang berkabung saat berangkat atau menuju tempat jualan Anda.

Sebaiknya, berputarlah dan mencari jalan lain, karena menurut Primbon Jawa, hal ini dapat membuat tempat usaha Anda sial dan seret sepanjang hari. Demikian 6 pantangan yang bikin seret jualan. Semoga bermanfaat!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini