Share

5 Tempat Wisata Dijadikan Lokasi Syuting Film Horor di Indonesia

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 21 Juli 2022 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 20 408 2632835 5-tempat-wisata-dijadikan-lokasi-syuting-film-horor-di-indonesia-QYbKrTDvsJ.jpg Lawang Sewu (dok ANTARA)

LIMA tempat wisata dijadikan lokasi syuting film horor di Indonesia berikut ini sukses bikin merinding. Indonesia memang kaya akan legenda yang mengandung unsur misteri.

Tak heran jika kisah masa lalu yang menyeramkan di beberapa lokasi pun diangkat ke layar lebar.

Bahkan, kini justru dijadikan sebagai destinasi wisata. Para wisatawan pun berbondong-bondong berkunjung untuk memancing adrenalin dan menjawab rasa penasaran mereka.

Di mana sajakah tempat tersebut? Dihimpun dari berbagai sumber, simak ulasannya berikut ini.

1. Lawang Sewu - Film Lawang Sewu

Lawang Sewu terletak di Semarang, Jawa Tengah. Gedung ini berdiri pada tahun 1904. Menurut sejarah, Lawang Sewu merupakan gedung bersejarah milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang pernah menjadi kantor pusat kereta api swasta Nederlandsch. Bangunan Lawang Sewu ini memiliki desain bangunan bergaya Art Deco ala Eropa yang khas dengan jumlah pintunya, yang konon mencapai lebih dari seribu.

Menurut mitosnya dahulu ketika masa penjajahan Jepang, terjadi kasus pemerkosaan tentara Jepang terhadap sekitar puluhan noni Belanda di Lawang Sewu. Usai diperkosa, tentara Jepang langsung memenggal kepala noni-noni Belanda itu. Seorang pria mengaku sempat melihat penampakan noni Belanda yang cantik bersimbah darah sedang tersenyum dan mondar-mandir di sana.

Tak hanya itu, terdapat sebuah sumur tua yang setiap harinya selalu dikunci dan tak pernah dibuka. Konon, banyak tentara Jepang yang disembelih oleh tentara Belanda di tempat itu. Oleh karena itu, sering terdengar suara teriakan kesakitan, tangisan dan ketakutan dari tentara Belanda pada malam hari. Gedung ini pernah dijadikan syuting film horor berjudul Lawang Sewu pada tahun 2007.

infografis

2. Pulau Satonda - Film Jailangkung

Pulau Satonda yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memang memiliki keindahan alam yang paripurna. Di balik itu, pulau ini menyimpan sejumlah misteri yang tersebar di masyarakat. Salah satu misteri paling terkenal adalah adanya pulau terlarang yang tidak berpenghuni sama sekali.

Konon, pulau itu dulunya menjadi tempat pengasingan seorang putri raja yang kemudian memutuskan bunuh diri di tempat tersebut. Selain itu, ada juga mitos mengenai pohon harapan yang dipercaya dapat mengabulkan berbagai permohonan namun juga berhantu. Lokasi dari pulau ini dijadikan tempat syuting dari salah satu film horor seram Indonesia berjudul Jailangkung pada tahun 2017.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Alas Purwo - KKN di Desa Penari

Alas Purwo merupakan salah satu hutan tertua di Pulau Jawa yang diduga sebagai lokasi asli dari cerita di film KKN di Desa Penari. Tempat ini memang kerap dikunjungi oleh wisatawan untuk sekadar berfoto atau merasakan sensasi gaib yang mencekam. Aura mistis di Alas Purwo memang sangat kental. Pasalnya, banyak penduduk setempat yang kerap melihat penampakan makhluk gaib berseliweran di sekitar hutan ini. Bahkan, makhluk ghaib itu sering usil mengganggu pengunjung yang datang, Alas Purwo ini juga disebut sebagai tempat kerajaan jin terbesar di Indonesia.

4. Rumah Tua Pangalengan - Film Pengabdi Setan

Penonton film “Pengabdi Setan” yang di-remake oleh Joko Anwar pada tahun 2018, tentu sudah tidak asing dengan rumah yang satu ini. Lokasinya yang berada di tengah perkebunan membuat suasana angker rumah ini terasa. Konon, rumah tersebut dibangun oleh seorang juragan kebun teh sebagai tempat tinggal para pekerjanya.

Ghost Photography Community (GPC) yang pernah menyambangi kediaman ini menemukan fakta bahwa banyak sekali penampakan, bau, dan suara yang tak jelas asal-usulnya. Kini rumah yang berada di daerah Pangalengan, Bandung Selatan itu seakan menjadi destinasi wisata horor baru lantaran banyaknya masyarakat yang penasaran dengan rumah tua yang tidak terurus tersebut.

 5. Benteng Pendem


Terakhir ada Benteng Pendem. Benteng tua peninggalan Belanda yang berlokasi di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur merupakan tempat wisata yang disebut-sebut angker oleh sejumlah masyarakat. Tempat ini pernah dijadikan lokasi syuting dari film "Kuntilanak 3" sebagai sekolah Mata Hati, tempat tokoh Dinda bertemu dengan Kuntilanak yang mengetahui rahasia dan masa lalunya.

Benteng Pendem sendiri dipercaya sebagai sarangnya siluman ular yang berenergi kelam. Konon, di beberapa sudut Benteng Pendem juga kerap terlihat penampakan rombongan tentara Belanda berbaris rapi tanpa kepala.

Ada pula penampakan berwujud kelelawar besar berwarna hitam legam yang mengerikan. Sosok itu sering hinggap di atas menara benteng pada malam hari. Beberapa pengunjung mengaku pernah mengalami kejadian aneh dan tidak masuk akal yang membuat bulu kuduk merinding. Tidak sedikit pula yang kerasukan roh penunggu benteng saat mampir ke tempat wisata ini. Kini Benteng Pendem masih dalam tahap pemugaran oleh pemerintah setempat. So, tertarik untuk berkunjung?

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini