Share

Dear Traveler, Berikut 10 Oleh-Oleh Khas Kendari yang Wajib Dibawa Pulang

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Jum'at 22 Juli 2022 01:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 406 2633490 dear-traveler-berikut-10-oleh-oleh-khas-kendari-yang-wajib-dibawa-pulang-MwojPbR5oD.JPG 10 oleh-oleh khas Kendari yang wajib dibawa pulang (Foto:

OLEH-OLEH khas Kendari, Sulawesi Tenggara yang wajib dibawa pulang cukup beragam. Tentu saja Anda tidak boleh melewatkan sederet oleh-oleh di kota Sulawesi Tenggara ini sebelum kembali ke daerah asal.

Tak hanya makanan, wisatawan juga biasa memburu buah tangan berupa kerajinan yang tak kalah indahnya dengan daerah lain.

Tak perlu bingung membeli apa, berikut Okezone rangkum dari berbagai sumber 10 oleh-oleh khas Kendari yang wajib Anda bawa pulang.

1. Bolu Kukus Mete

Kendari memang terkenal sebagai daerah yang menghasilkan mete. Maka, tak heran jika masyarakat membuat banyak kreasi olahan dari kacang yang gurih ini. Salah satunya dengan menjadikannya sebagai tambahan bahan di bolu kukus mete.

Bagi Anda pecinta bolu kukus, harus mencoba varian yang tak kalah nikmat ini. Bentuknya memang seperti bolu kukus pada umumnya, tapi rasanya tentu berbeda.

2. Cokelat Mete

Pencinta cokelat wajib mencoba oleh-oleh khas Kendari yang satu ini. Perpaduan kacang mete yang gurih dengan cokelat yang manis menciptakan rasa lezat yang sempurna.

Cokelat sendiri tidak hanya nikmat, namun juga bisa menjadi moodbooster sekaligus membuat tubuh lebih rileks.

Olahan cokelat bertabur mete ini dibuat tanpa bahan pengawet dan bahan asli bermutu tinggi, sehingga memiliki rasa khas Kendari yang tak ditemukan di cokelat lain.

3. Brownte Khas Kendari

Brownte adalah kue paling hits di Kendari. Brownte sendiri merupakan singkatan dari brownies kacang mete. Yang membuat sajian brownies satu ini berbeda dari brownies lainnya tentu dari topping kacang metenya yang begitu gurih.

Brownte Khas Kendari

(Foto: Instagram/@browntekendari)

Perpaduan tekstur lembut dari roti dengan renyahnya kacang mete membuat kue satu ini populer dan laris manis di pasaran. Apalagi kini Brownte hadir dengan berbagai rasa di browniesnya. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, sekitar Rp70 ribu untuk satu kotak brownies mete.

4. Keripik Mete

Selain cokelat dan brownies berbagai varian rasa, kacang mete juga diolah menjadi Keripik Mete. Oleh-oleh Kendari ini memiliki tekstur yang renyah, membuat banyak orang ketagihan.

Keripik mete bisa dijadikan camilan di rumah ataupun teman makan agar lebih nikmat. Harganya pun terjangkau, mulai dari Rp10 ribu, sesuai ukuran.

5. Mete Paket 5 Rasa

Tak kalah populer, olahan kacang mete yang satu ini juga wajib dibawa pulang. Sesuai dengan namanya, Mete Paket 5 Rasa, Anda bisa merasakan kacang mete dengan berbagai rasa yang menggiurkan dalam satu paket ini.

Jika sebelumnya hanya memiliki rasa cokelat, kini sudah banyak rasa lainnya yang semakin membuat kacang mete ini digemari.

6. Abon Ikan Marlin

Jika biasanya abon terbuat dari sapi atau ayam, abon di Kendari justru terbuat dari ikan Marlin. Yang membedakan abon ini dengan abon lainnya adalah rasanya yang lebih gurih dan nikmat.

Oleh karenanya, bagi Anda pecinta abon jangan sampai melewatkan oleh-oleh yang satu ini. Harganya cukup terjangkau mulai dari Rp25 ribu, tergantung dari ukuran dan juga merek abon ikan Marlin yang Anda pilih.

7. Bagea

Kue kering yang terbuat dari tepung sagu satu ini memiliki rasa manis dengan tekstur yang cukup keras. Namun begitu masuk mulut akan begitu nikmat dan lembut. Untuk membuat rasanya semakin nikmat, biasanya ditambahkan dengan kacang tanah atau biji kenari.

Masyarakat Kendari umumnya mengonsumsi Bagea ini bersama dengan kopi atau teh. Kue satu ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh karena bisa tahan lama dan ditaksir dengan harga yang terjangkau.

8. Terasi Khas Kendari

Bahan campuran pelezat makanan ini cukup banyak digemari oleh wisatawan. Selain memiliki rasa yang berbeda dari biasanya, terasi udang khas Kendari ini di olah dari udang-udang pilihan.

Terasi Khas Kendari

(Foto: Instagram/@athifah_oleh2kdi)

Tak perlu ragu dengan baunya yang menyengat, para pedagang di Kota Kendari sudah sangat andal dalam membungkus oleh-oleh yang satu ini agar diperbolehkan ikut dalam penerbangan. Bagi Anda yang senang memasak tentu tak boleh melewatkan oleh-oleh yang satu ini.

9. Kain Tenun

Tak hanya makanan, Anda juga bisa membawa oleh-oleh berupa cinderamata. Kendari memiliki kain tenun yang berbeda dengan daerah lain.

Warnanya yang menarik dan motifnya yang unik membuat para wisatawan kerap memburu oleh-oleh yang satu ini. Bahan yang digunakan juga berkualitas. Meskipun harganya cukup tinggi, para pelancong tetap rela membeli, mengingat prosesnya pun memakan waktu yang cukup lama.

10. Kerajinan Perak

Kendari juga dikenal dengan kerajinan peraknya yang mumpuni. Dari tangan para perajin, perak bisa disulap menjadi bros, cincin, anting, hingga pernak-pernik yang unik lainnya.

Selain dijadikan perhiasan, kerajinan perak ini juga bisa digunakan sebagai pajangan. Anda bisa menemukan kerajinan perak mulai dari ukuran kecil hingga yang besar, tentunya dengan desain yang sangat indah nan memukau.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini