Share

3 Alasan Gunung Prau Cocok untuk Pendaki Pemula, Pemandangannya Bikin Betah!

INews.id, Jurnalis · Jum'at 22 Juli 2022 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 408 2633549 3-alasan-gunung-prau-cocok-untuk-pendaki-pemula-pemandangannya-bikin-betah-mrr0Wjypn7.jpg Gunung Prau (dok ANTARA)

BAGI pendaki pemula, sebaiknya mencoba untuk menjelajahi Gunung Prau, Jawa Tengah.

Gunung Prau terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng dan merupakan tepi batas antara empat kabupaten, yaitu Kabupaten Batang, Kendal, Temanggung, dan Wonosobo.

Ketinggian Gunung Prau mencapai 2.565 mdpl sehingga termasuk gunung yang ramah untuk pendaki pemula.

Berikut tiga alasan Gunung Prau cocok untuk pendaki pemula:

1. Lintasan Pendakian yang Landai

Lintasan pendakian Gunung Prau memiliki kontur tanah yang landai. Karena itu, Gunung Prau cocok untuk para pendaki pemula. Sebagai perbandingannya, jika kalian pernah mendaki Gunung Gede Ponorogo melalui jalur Cibodas, maka lintasan daki Gunung Prau kurang lebih sama. Namun bisa dikatakan dua kali lebih ringan dibandingkan dengan lintasan Gunung Gede Ponorogo via jalur Cibodas.

infografis

2. Dekat dengan Puncak

Lintasan pendakian Gunung Prau via Patak Banteng memiliki rute yang cukup dekat dengan puncak. Oleh karena itu, banyak pendaki yang menyukainya. Lintasan pendakian Gunung Prau via Patak Banteng memiliki jarak sekitar 4 kilometer.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

3. Lama Pendakian Gunung Prau Kurang dari 5 Jam

Lama pendakian Gunung Prau dari basecamp hingga puncak menghabiskan waktu sekitar 3 sampai 4 jam. Estimasi waktu ini dapat berbeda-beda tergantung dari panjang lintasan serta kemampuan fisik dari pendaki itu sendiri. Kebanyakan pendaki memiliki kemampuan mendaki yang berbeda-beda, ada yang dapat mendaki dengan cepat, ada pula yang mendaki dengan perlahan. Selain itu, seberapa sering pendaki beristirahat serta seberapa lama pendaki beristirahat menjadi faktor yang patut dipertimbangkan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini