Share

Profil Captain Boy Awalia Asnil, Pilot Citilink yang Meninggal Dunia Usai Terbang 15 Menit

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 22 Juli 2022 06:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 22 406 2634136 profil-boy-awalia-aslin-pilot-citilink-yang-meninggal-dunia-usai-terbang-15-menit-XAtkmjxTGs.JPG Captain Boy Awalia Asnil (Foto: Instagram/@boyawalia)

DUNIA penerbangan Tanah Air berduka. Ya, seorang pilot berdedikasi tinggi dari maskapai Citilink Indonesia, Captain Boy Awalia meninggal dunia seusai terbang selama 15 menit. Ia wafat dalam tugas kala melakukan penerbangan dari Surabaya-Makassar.

Captain Boy Awalia meninggal dunia usai 15 menit lepas landas dari Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur. Ia mengalami darurat kesehatan hingga ajal menjemputnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Okezone, pria bernama lengkap Boy Awalia Asnil kelahiran 1974 itu merintis karier di dunia penerbangan sejak tahun 1994 atau genap 28 tahun.

Ayah dua orang putra itu merampungkan pendidikannya di Ardmore Flying School of New Zealand (Selandia Baru). Sebelum berlabuh di Citilink Indonesia, Captain Boy Awalia pernah berkarier di sejumlah maskapai ternama.

Sebut saja Lion Air (2010-2016), AirAsia (2009-2010), Sriwijaya Air pada Oktober 2008 sampai Mei 2009. Ia juga tercatat pernah bekerja pada maskapai Malaysia Airlines, tepatnya Oktober 2005 hingga Oktober 2008 sebagai Senior First Officer.

Seperti diwartakan, Captain Boy Awalia Aslin (48) meninggal saat menerbangkan Pesawat Citilink Indonesia rute Surabaya-Makassar.

Ia sempat sakit di atas pesawat dan akhirnya memutuskan melakukan pendaratan darurat sebelum akhirnya meninggal dunia.

Direktur Utama PT Citilink Indonesia, Dewa Kadek Rai mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan dokter dari pihak rumah sakit setempat, disampaikan bahwa Capt Boy Awalia dinyatakan telah meninggal dunia.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

“Setelah kurang lebih 15 menit mengudara, penerbangan tersebut kembali mendarat di Surabaya dikarenakan pilot kami mengalami darurat kesehatan. Pesawat tersebut telah mendarat kembali pukul 07.00 WIB di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya dengan baik dan selamat," ujar Dewa dalam keterangan yang diterima Okezone, Kamis kemarin.

Citilink mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan. Sehingga pihaknya selalu berupaya sedini mungkin mengantisipasi hal-hal yang berpotensi mengganggu keselamatan dan keamanan penerbangan.

"Almarhum akan diterbangkan langsung pada hari ini dari Surabaya menuju Jakarta dan jenazah akan disemayamkan di Jakarta sesuai dengan penanganan prosedur yang berlaku," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini