Share

Ingat! Naik Pesawat di Bandara Abdulrachman Saleh Malang Wajib Vaksin Booster

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 23 Juli 2022 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 22 406 2634236 ingat-naik-pesawat-di-bandara-abdulrachman-saleh-malang-wajib-vaksin-booster-F0vCK7REt2.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BANDARA Abdulrachman Saleh yang ada di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, mewajibkan seluruh calon penumpang pesawat telah disuntik vaksin booster Covid-19.

Kepala Seksi Keamanan Penerbangan dan Pelayanan Darurat Unit Pelaksana Teknis Bandara Abdulrachman Saleh, Purwo Cahyo Widhiatmoko menjelaskan, meski para calon penumpang tersebut wajib mendapatkan suntikan booster, namun ada sejumlah pelonggaran.

"Itu mengacu pada SE Menteri Perhubungan Nomor 70 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19," kata Purwo, mengutip Antara.

Pemerintah telah mewajibkan vaksin booster atau penguat sebagai syarat perjalanan dalam negeri sejak 17 Juli 2022. Hal itu tertuang pada Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 Nomor 21 tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang dalam Negeri Masa Pandemi Covid-19.

Meskipun demikian, lanjutnya, ada sejumlah pelonggaran di mana calon penumpang yang baru mendapatkan dua kali vaksin dan belum mendapatkan booster, tetap boleh melanjutkan perjalanan udara dengan menyertakan surat hasil Antigen 1x24 jam atau hasil tes PCR 3x24 jam.

"Kalau masih baru mendapatkan vaksin dosis pertama wajib menyertakan surat hasil tes PCR 3×24 jam," katanya.

Ia menambahkan jika para calon pengguna pesawat yang telah mendapatkan suntikan dua dosis vaksin Covid-19 dan ingin mendapatkan suntikan booster pihaknya telah menyiapkan gerai vaksin.

Namun ia mengimbau agar para calon penumpang yang ingin mendapatkan suntikan vaksin booster tersebut bisa dilakukan jauh-jauh hari, atau maksimal satu hari sebelum perjalanan. Hal itu untuk menghindari efek dari pemberian vaksin tersebut.

"Kami tetap menyarankan para calon penumpang untuk melakukan vaksin jauh sebelum melakukan perjalanan, atau maksimal sehari sebelumnya," kata Purwo.

Pihak Bandara Abdulrachman Saleh Malang menyatakan, sejak ketentuan tersebut ditetapkan mulai 17 Juli 2022 tersebut tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap arus penumpang di bandara tersebut.

Secara rata-rata, penerbangan dari wilayah Malang Raya tersebut terpantau masih dalam kondisi penuh setiap harinya. Saat ini di bandara tersebut melayani tiga penerbangan untuk setiap harinya dengan rata-rata jumlah penumpang sebanyak 900-1.000 orang per hari.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini