Share

Dear Traveler, Ini 5 Bagian Tersulit Sebagai Pramugari!

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 23 Juli 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 22 406 2634401 dear-traveler-ini-5-bagian-tersulit-sebagai-pramugari-heJ3uJNO40.jpg Ilustrasi (Freepik)

TERDAPAT 5 bagian tersulit sebagai pramugari yang jarang orang ketahui. Beberapa faktor mendasari alasan pramugari jadi profesi paling diminati. Seorang pramugari memikul tanggung jawab yang berat. Meskipun begitu, profesi ini tetap diidam-idamkan banyak wanita muda.

Pramugari menampilkan kesan berkelas saat melayani penumpang di pesawat. Seragam yang dikenakannya membuat penampilan mereka terlihat mewah dan elegan. Hal ini menyebabkan banyak orang merasa pekerjaan pramugari sangat sesuai.

Berikut 5 bagian tersulit sebagai pramugari sebagaimana dilansir Aerotime: 

1. Gaji yang tidak layak 

Gaji pramugari memang lumayan, tetapi pada saat yang sama, pramugari memiliki begitu banyak tanggung jawab di kepala mereka sehingga gajinya kadang tidak sesuai dengan keinginannya.

Dari sudut pandang bisnis penerbangan, menaikkan upah awak kabin mereka mungkin menempatkan mereka pada risiko kebangkrutan, yang bahkan lebih buruk karena semua orang, termasuk pramugari, akan kehilangan pekerjaan mereka.

ilustrasi

2. Pelatihan

Proses pelatihan penerbangan untuk pramugari bisa sangat sulit. Pertama, ketat dan panjang, karena pramugari harus mengetahui pesawat mereka secara menyeluruh. Sama seperti pilot yang harusbisa menerbangkan pesawat, begitu pula awak kabin harus mendapatkan type rating di pesawat mana yang bisa mereka kerjakan.

Seperti mempelajari hal-hal dasar seperti membuka pintu pesawat atau membawa penumpang melalui instruksi keselamatan. Ini juga termasuk mempersiapkan situasi seperti memberikan pertolongan pertama atau membantu penumpang dengan segala jenis keadaan darurat kesehatan.

3. Melayani Penumpang

Pramugari harus berurusan dengan manusia dan kebutuhan mereka terus-menerus. Melayani manusia denan berbagai sifat dan karakter harus diterima dengan sabar oleh pramugari. Apalagi mendapatkan penumpang yang jutek ataupun susah diatur menjadi salah satu kesulitan bagi pramugari.

4. Tidak punya waktu luang

 

Aspek lain dari karir pramugari adalah pekerjaan itu sendiri tidak stabil. Anda jelas sering bepergian, ke beberapa negara atau wilayah tertu.

Tentu saja, Anda tahu jadwal Anda sebelumnya, tetapi kerangka waktu itu tidak cukup dan terkadang Anda mungkin melewatkan tanggal-tanggal penting bagi hidup Anda seperti ulang tahun teman, liburan keluarga, atau acara lainnya.

 

5. Tanggung jawab tinggi

Alasan terbesar mengapa bekerja sebagai pramugari sangat sulit adalah karena Anda bertanggung jawab atas kehidupan semua orang di dalam pesawat. Tidak hanya menyajikan minuman, makanan ringan, dan barang belanjaan lainnya, tapi memastikan penumoang aman.

Pertama dan terpenting, Anda perlu memastikan bahwa dalam situasi darurat, pramugari memastikan penumpang tidak tersesat dan semua orang tetap aman.

Anda bertanggung jawab atas ketenangan di pesawa, Anda mencegah terjadinya pelecehan atau siapa pun yang kehilangan akal. Penumpang pramugari seperti anak-anak yang harus mereka jaga, karena mereka bisa sangat gugup.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini