Share

Taman Impian Jaya Ancol Punya Logo Baru, Apa Maknanya?

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 24 Juli 2022 01:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 23 406 2634849 taman-impian-jaya-ancol-punya-logo-baru-apa-maknanya-vBOEF2mEcv.JPG Logo baru Taman Impian Jaya Ancol (Foto: Ancol)

TAMAN Impian Jaya Ancol (TIJA) meluncurkan logo baru setelah dua tahun terdampak pandemi Covid-19.

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Teuku Sahir Syahali menyebut perubahan logo baru Taman Impian Jaya Ancol (TIJA) memiliki makna mendalam terkait dengan dua tahun masa pandemi mendera Indonesia.

"Ancol bisa lolos setelah mengalami pandemi dahsyat dan mengalami tekanan finansial yang luar biasa," kata Sahir.

Akibat terjangan pandemi Covid-19, Sahir menyebut, Ancol merasakan tahap kondisi sulit, namun perusahaan yang bergerak pada sektor rekreasi dan pariwisata di Jakarta Utara itu dapat lolos dari situasi terpuruk.

Peluncuran Logo Baru Ancol
(Foto: Antara/Abdu Faisal)

Taman Impian Jaya Ancol mengalami kerugian finansial yang sangat mendalam pada 2020 hingga mencapai Rp400 miliar. Kemudian mulai membaik pada 2021 dengan kerugian berkurang Rp200 miliar.

"Tahun 2020 dan 2021 merupakan suatu tahun yang sangat berat bagi Ancol dan sebelumnya tidak pernah mengalami hal seperti ini di Ancol. Bahkan di tahun 1998 dalam krisis moneter saja, pengunjung Ancol masih bertumbuh (growth) 15-20 persen," tutur Sahir.

Saat periode menantang itu, Sahir menyebut, manajemen Ancol berusaha sekuat tenaga bertahan dan tetap melayani serta memberikan keceriaan kepada para pengunjung. Hingga perusahaan bisa bangkit melewati masa pandemi itu dan meluncurkan logo baru yang menjadi penanda bahwa perusahaan akan lebih baik pada masa mendatang.

Tantangan pandemi kata dia, menjadi pelajaran berharga untuk manajemen Ancol dengan mengubah dan bertransformasi menjadi lebih baik.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

"Kami bisa bertahan dari 2020 dan 2021 dan ini adalah tahap kami untuk bisa berbalik (turn around) setelah berpengalaman dalam menghadapi resesi, dan menjadi perusahaan yang lebih baik," ucap Sahir.

Acara peluncuran logo baru Ancol turut dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang mengaku senang dan bersyukur. Pasalnya, Ancol sejak didirikan 1966 oleh Gubernur ketujuh DKI Jakarta, Ali Sadikin berdasarkan perintah dan petunjuk dari Presiden pertama RI Soekarno kala itu, berhasil mengembangkan kawasan wisata atau destinasi wisata yang besar dan lengkap di Ibu Kota.

"Dulu Bung Karno baru datang dari Amerika melihat Disneyland. Inilah yang sekarang teman-teman lihat, Ancol kini hadir tidak hanya sebagai tempat wisata yang besar dan terlengkap tapi menghadirkan keceriaan kebahagiaan," kata Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

Riza pun mengajak warga ke Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara membawa keluarga untuk mendukung kebahagiaan bagi semua.

"Mari kita bahagiakan keluarga kita, artinya kita membahagiakan kota kita dan juga bangsa kita. Mari kita semua datang ke Ancol, meramaikan Ancol bersama-sama," ujar Riza.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini