Share

21 Julukan Kota di Indonesia Lengkap dengan Maknanya, Ada Daerah Asalmu?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 24 Juli 2022 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 23 408 2635020 21-julukan-kota-di-indonesia-lengkap-dengan-maknanya-ada-daerah-asalmu-o7wlHc9Xef.JPG Masjid Raya Baiturrahman, ikon Kota Banda Aceh yang berjuluk negeri Serambi Makkah (Foto: Instagram/@zanyexx)

INDONESIA bukan hanya negara yang suka dengan singkatan, tapi juga mudah sekali memberikan julukan. Bahkan, julukan tersebut bisa Anda dapatkan dari nama-nama kota yang ada di negara ini.

Percaya atau tidak, dari Sabang sampai Merauke Anda akan menemukan nama kota dengan julukannya sendiri. Julukan tersebut bisa datang dari keunikan kota tersebut atau ada histori tersendiri yang membuat nama julukan itu tercetus.

So, berikut MNC Portal merangkum 10 julukan kota di Indonesia yang perlu Anda ketahui, lengkap dengan maknanya:

1. Kota Banda Aceh

Kota Banda Aceh punya julukan Kota Serambi Makkah. Nama julukan tersebut erat kaitannya dengan kondisi Provinsi Nangroe Aceh Darussalam yang merupakan provinsi di Indonesia dengan keistimewaannya.

Ya, Aceh terkenal menggunakan syariat Islam dalam pemerintahannya. Itu kenapa 'Kota Serambi Makkah' disematkan untuk Kota Banda Aceh.

2. Kota Medan

Siapa yang tahu kalau Kota Medan punya julukan 'Kota Melayu Deli'? Nama julukan itu diketahui berasal dari nilai histori yang cukup kuat di kota tersebut. Menarik sekali, ya.

3. Kota Padang

Kota Padang ternyata punya julukan Kota Tercinta. Hal ini berkaitan dengan keindahan alam Kota Padang yang tiada dua dan tentu saja kulinernya yang tak pernah mengecewakan. Hayo, sudah pernah ke Padang belum?

Jam Gadang, Ikon Kota Padang

(Foto: Instagram/@minangtourism)

4. Kota Palembang

Tak lain dan tak bukan, Kota Palembang punya julukan Kota Pempek. Ini tercetus karena makanan khas yang ada di sini adalah pempek. Anda bisa menjumpai penjual pempek di setiap sudut kota dan siap-siap lidah dimanjakan oleh panganan berkuah cuko tersebut.

5. Kota Jakarta

Kota Metropolitan adalah julukan yang disematkan untuk Kota Jakarta. Hal itu karena Anda akan menemukan modernisasi yang dibangun dengan cukup apik di kota ini. Bahkan, banyak anggapan percaya bahwa apa yang Anda cari, semua ada di Jakarta. Setuju?

6. Kota Bogor

Tetangga DKI Jakarta ini pun punya julukan sebagai Kota Hujan. Ini dipercayai karena Bogor punya curah hujan yang intens. Artinya, hujan cukup sering turun di sini dan karena itu orang-orang menyebut Kota Bogor sebagai Kota Hujan.

7. Kota Bandung

Kota Bandung punya julukan Kota Kembang. Tahu tidak apa alasannya? Diketahui kalau dulu di Bandung banyak sekali ditemukan bunga-bunga yang indah dan itu memenuhi kota tersebut. Menarik sekali, bukan?

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

8. Kota Surabaya

Kota ini punya julukan Kota Pahlawan. Nama julukan tersebut erat kaitannya dengan peristiwa sejarah pertempuran Surabaya pada 10 November 1945. Hingga kini nama julukan tersebut masih melekat untuk Kota Surabaya.

9. Kota Pontianak

Kota ini merupakan Ibu Kota Kalimantan Barat. Kota Pontianak punya julukan sebagai Kota Khatulistiwa. Hal ini karena Pontianak dilalui garis lintang nol derajat Bumi. Keren banget, ya!

10. Kota Ambon

Kota Ambon punya julukan Kota Manise. Ini karena penduduk di Ambon dinilai manis-manis, baik pria maupun wanitanya. Tak hanya manis rupanya, tapi juga keramahan penduduk Ambon sudah terkenal luas di Indonesia.

11. Kota Yogyakarta

Kota ini dijuluki sebagai Kota Pelajar. Hal itu dikarenakan kota ini memiliki jumlah perguruan tinggi dan wisata edukasi yang cukup banyak.

Kawasan Malioboro, Yogyakarta

(Foto: Shutterstock)

12. Kota Malang

Kota Malang kerap disebut kota apel. Julukan itu disematkan karena Kota Malang salah satu penghasil buah apel terbesar di Indonesia.

13. Kota Makassar

Ibu Kota Sulawesi Selatan ini dijuluki 'Kota Daeng' karena masyarakat lokal akrab menggunakan kata 'Daeng' untuk berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari.

14. Kota Denpasar

Kota Denpasar berjuluk Parijs van Bally yang bermakna Parisnya Bali. Julukan itu disematkan lantaran Denpasar merupakan pusat perbelanjaan dari berbagai model pakaian, baik tradisional maupun modern

15. Kota Sabang

Sabang disebut Kota Seribu Benteng disebabkan oleh banyaknya benteng peninggalan tentara Jepang di kota ini pada masa penjajahan dulu.

16. Kota Manado

Ibu Kota Sulawesi Utara ini mendapatkan julukan 'Kota Tinutuan' berdasarkan makanan khas yang ada di kota ini, yaitu Tinutuan. Kuliner ini tak lain bubur khas Manado yang berasal dari campuran berbagai sayuran tanpa tambahan daging apapun.

17. Kota Kupang

Kupang memiliki julukan Kota Kasih untuk menghargai rasa kekeluargaan antar agama di sana.

18. Kota Tanjung Pinang

Tanjung Pinang memiliki sebutan Kota Gurindam. Penamaan itu bermula lantaran Tanjung Pinang merupakan tempat kelahiran dari Gurindam 12 dan Bustanul Katibin milik Raja Ali Haji.

19. Banyuwangi

The Sunrise of Java disematkan untuk kota yang berada di ujung timur Pulau Jawa ini. Sebab, Banyuwangi ialah spot terbaik untuk melihat matahari terbit alias sunrise.

Kota Banyuwangi

(Foto: Instagram/@larengehits)

20. Kota Indramayu

Kota ini dijuluki sebagai 'Kota Mangga'. Nah, sesuai dengan namanya, penyebabnya tak lain karena buah mangga tumbuh subur di Indramayu.

21. Kota Balikpapan

Balikpapan dijuluki Kota Minyak, sebab daerah ini termasuk salah satu penghasil minyak terbesar di Indonesia.

Nah, itu dia 21 julukan kota di Indonesia. Masih banyak julukan nama kota lainnya yang tentunya tidak kalah menarik untuk diketahui. Dari deretan kota tersebut, adakah salah satunya daerah asalmu?

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini