Share

10 Museum di Jakarta Timur yang Bisa Dikunjungi Saat Liburan

Cita Zenitha, Jurnalis · Senin 25 Juli 2022 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 24 408 2635207 10-museum-di-jakarta-timur-yang-bisa-dikunjungi-saat-liburan-mEOa6rsN0r.jpg Destinasi Wisata Museum Perangko Indonesia di Jakarta Timur (dok ANTARA)

TERDAPAT 10 museum di Jakarta Timur yang bisa dikunjungi saat liburan. Selain murah meriah, liburan ke museum juga menambah banyak wawasan pengetahuan.

Sebagai kota padat penduduk dengan mobilitas yang begitu cepat. Sudah seharusnya masyarakat jakarta menyempatkan berlibur merefreshkan otak dari segala kejenuhan sehari-hari.

Kata siapa berlibur harus mengeluarkan uang banyak? Museum bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang mengasyikan juga menghibur. Jadi selain merefreshkan pikiran, wawasan keilmuan kita juga bertambah.

Bagi warga Jakarta Timur dan pengunjung dari berbagai wilayah lainnya bisa mendatangi beberapa museum berikut untuk mengisi waktu luang. Berikut adalah 10 museum di Jakarta Timur yang bisa dikunjungi saat liburan.

10 Museum di Jakarta Timur Yang Bisa Dikunjungi Saat Liburan

Museum Migas Graha Widya Patra

Alamat: Taman Mini Indonesia Indah, Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur

Tiket masuk: Rp2.000,-

Museum ini dibangun sebagai pusat pengetahuan masyarakat terhadap pengembangan teknologi sumber minyak dan gas bumi. Museum Migas Graha Widya Putra juga memiliki banyak koleksi sejarah seperti pompa bensin engkol yang dibuat pertama kali pada tahun 1930.

Museum Keprajuritan Indonesia

Alamat: Jalan Raya Taman Mini, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur

Tiket masuk: Rp2.500,-

Museum Keprajuritan Indonesia didalamnya terdapat sejarah Indonesia mulai dari kehidupan sehari-hari, busana, tarian tradisional hingga tradisi daerah.

Museum Fauna Indonesia

Alamat: Taman Mini Indonesia Indah, Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur

Tiket masuk: Rp10.000,-

Museum Fauna Indonesia menyimpan setidaknya 150 satwa yang diawetkan. Bagi keluarga yang mencari liburan edukatif bisa mengunjungi museum ini. Anak-anak yang mengunjungi museum ini akan diperkenalkan berbagai satwa yang hampir punah.

infografis

Museum Hakka Indonesia

Alamat: Taman Budaya Tionghoa Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah, Jalan Taman Mini, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur

Tiket Masuk: Gratis

Seluruh sejarah Hakka dan Tionghoa di Indonesia tersimpan rapi dalam museum ini. Selain menyimpan sejarah, museum ini juga melestarikan dan merawat budaya Tionghoa mulai dari pakaian, budaya, rumah adat hingga artefak asli.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Museum Pengkhianatan PKI

Alamat: Jl. Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur

Tiket masuk: Rp 2.500,-

Museum Pengkhianatan PKI berdiri dibawah naungan Pusat Sejarah TNI. Di museum ini terdapat berbagai benda bersejarah dalam peristiwa pemberontakan G30S-PKI.

Museum Pusaka

Alamat: Taman Mini Indonesia Indah, Jalan Taman Mini, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur

Tiket masuk: Rp10.000,-

Seperti namanya Museum Pusaka, museum ini menyimpan berbagai pusaka dari seluruh Indonesia. Pusaka kuno dari seluruh Indonesia bisa kita temukan disini mulai dari belati, kujang, mandau dan masih banyak lagi.

Museum Asmat

Alamat: Taman Mini Indonesia Indah, Jalan Taman Mini, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur

Tiket masuk: Rp10.000,-

Budaya dari Suku Asmat, Papua, semua diabadikan dalam museum ini. Ada banyak sekali benda bersejarah mulai dari pakaian, senjata berburu, alat musik, alar upacara adat dan sebagainya.

Bayt Al Quran dan Museum Istiqlal

Alamat: Taman Mini Indonesia Indah, Jalan Taman Mini, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur

Tiket masuk: Rp5.000-Rp10.000

Karya-karya para ulama dan intelektual muslim nusantara bersejarah tersimpan dengan baik di museum ini. Pengunjung dapat melihat manuskrip al-quran, seni rupa hingga arsitektur bersejarah.

Museum Perangko Indonesia

Alamat: Taman Mini Indonesia Indah, Jalan Taman Mini, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur

Tiket masuk: Rp5.000,-

Museum Perangko Indonesia menyimpan berbagai jenis perangko Indonesia dan perangko dari luar negeri yang sangat bersejarah. Pengunjung juga akan diperlihatkan cara membuat perangko dari awal hingga akhirnya didistribusikan ke masyarakat.

Museum Penerangan

Alamat: Taman Mini Indonesia Indah, Jalan Taman Mini, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur

Tiket masuk: Gratis

Museum Penerangan sendiri berada dibawah naungan Kominfo. Pengunjung akan diperkenalkan tentang sejarah dan perkembangan komunikasi seperti radio, film, televisi dan lain sebagainya.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini