Share

Jangan Kaget, Ini 12 Fakta yang Akan Kamu Temui Jika Berkunjung ke Jakarta!

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Selasa 26 Juli 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 406 2635911 jangan-kaget-ini-12-fakta-yang-akan-kamu-temui-jika-berkunjung-ke-jakarta-AtKh4OKEbk.jpg Simpang Susun Semanggi Jakarta (Foto Instagram @jktshootandgram)

ADA 12 fakta yang akan kamu temui jika berkunjung ke Jakarta. Yang pasti ini perlu diketahui agar anda tidak kaget dan terkena culture sock.

Ibu Kota Jakarta kerap dijadikan tempat untuk mengadu nasib dan juga tempat untuk berwisata bagi orang-orang di luar daerah. Bagi yang baru pernah ke Jakarta biasanya akan cukup terkejut dengan keadaan aslinya.

Lantas, seperti apa aslinya kota Jakarta? Simak 12 fakta yang akan kamu temui jika berkunjung ke Jakarta berikut ini.

 BACA JUGA:10 Museum di Jakarta Timur yang Bisa Dikunjungi Saat Liburan

12 Fakta Yang Akan Kamu Temui Jika Berkunjung ke Jakarta

 

1. Mall yang megah

Sebagai kota metropolitan, Jakarta memiliki banyak mall megah yang tersebar di seluruh Jakarta raya. Tak jarang, mall-mal tersebut berdiri berdekatan loh.

2. Kota yang gemerlap

Jakarta disebut sebagai kota yang tak pernah mati. Sebutan tersebut karena di malam hari pun banyak gedung di Jakarta yang masih tetap menyala. Ditambah lalu lalang kendaraan yang tidak pernah sepi walau di malam hari. Kondisi ini membuat Jakarta begitu gemerlap di malam hari.

 ilustrasi

Simpang Susun Semanggi Jakarta

3. Restoran mahal

Di Jakarta, manusia dari berbagai kalangan melebur menjadi satu. Ada yang kaya raya hingga yang miskin. Maka tak heran jika anda akan menemukan berbagai jenis tempat makan. Salah satunya adalah banyaknya restoran mahal.

4. Berbagai jenis makanan

 

Karena Jakarta kerap dijadikan kota rantauan untuk mengadu nasib, maka banyak sekali orang-orang dari luar daerah datang ke Jakarta. Orang-orang yang berasal dari daerah ini kerap membuka tempat makan khas daerahnya. Jadi di Jakarta anda bisa dengan mudah menemui berbagai macam makanan khas daerah, bahkan makanan dari berbagai negara.

5. Kesenjangan sosial yang tinggi

Di sisi lain, Jakarta memiliki kesenjanngan sosial yang begitu tinggi. Anda bisa dengan mudah menemui orang-orang yang hidup di bawah kemiskinan, seperti di kolong jembatan, pinggiran sungai, dan kawasan padat penduduk.

 BACA JUGA:15 Tempat Wisata di Jakarta Barat Paling Menarik, Cocok untuk Melepas Penat

Sementara itu, anda juga bisa menemui orang-orang yang hidup berkecukupan hingga mewah , seperti di cluster-cluster mewah, apartemen, dan perumahan.

6. Banyak pembangunan

Sebagai sebuah Ibu Kota, Jakarta mendapat perhatian lebih dari pemerintah untuk dilakukan banyak pembangunan. Salah satu yang sedang digiatkan adalah pembangunan proyek MRT.

 ilustrasi

Kota Jakarta (Okezone.com/Heru)

7. Motor di mana-mana

Walaupun transportasi umum di Jakarta sudah banyak dan mencakup berbagai area, namun tetap saja banyak orang yang memilih menggunakan kendaraan pribadi, contohnya motor.

Jakarta tidak hanya dipenuhi pengendara motor asli Jakarta saja, namun juga dari luar daerah.

8. Kepadatan lalu lintas

Mungkin kepadatan lalu lintas di Jakarta merupakan salah satu ikon kota Jakarta. Warga Jakarta yang begitu sibuk dan lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi menjadi salah satu penyebab lalu lintas di Jakarta begitu padat.

Apalagi jika anda berada di jalanan pada jam 7 pagi - 9 pagi dan jam 5 sore - 7 malam.

9. Transportasi umum yang padat

Masyarakat di Jakarta memang serba salah. Meski banyak transportasi umum yang menjangkau banyak tempat, namun di jam-jam sibuk transportasi umum tak kalah sesak dari padatnya lalu lintas.

10. Tiket parkir yang mahal

Jangan dikira Jakarta memiliki tarif parkir yang sama seperti kota lain ya. Karena tarif parkir di Jakarta kebanyakan perjam. Misal Rp5.000 untuk satu jam pertama dan Rp. 4.000 untuk jam berikutnya.

 ilustrasi

11. Banjir di mana-mana

Jangan ke Jakarta ketika musim hujan. Pasalnya, dipastikan anda akan bertemu banyak kolam dimana-mana. Banjir merupakan salah satu permasalahan di Jakarta yang tak kunjung teratasi.

12. Masyarakat yang konsumtif

Masyarakat di Jakarta cenderung lebih konsumtif karena banyaknya pilihan, mulai dari sandang hingga pangan.

Demikian 12 fakta yang akan kamu temui jika berkunjung ke Jakarta. Semoga bermanfaat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini