Share

Mengenal Tari Leleng dari Kalimantan Timur, Ini Loh Maknanya

Kastolani, Jurnalis · Rabu 27 Juli 2022 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 26 406 2636330 mengenal-tari-leleng-dari-kalimantan-timur-ini-loh-maknanya-yPpW1bSjdJ.jpg Tari Leleng (dok Repro SMKKN Samarinda)

TARI Leleng merupakan kesenian rakyat Suku Dayak Kenyah yang ada di pedalaman Kalimantan Timur. Ada beberapa properti yang digunakan pada tari leleng.

Apa saja? Dikutip dari laman kikomunal-beta.dgip.go.id, kata leleng pada tarian ini berasal dari bahasa Kenyah yang artinya berputar-putar.

Tarian ini menceritakan Utan Along, yaitu sebutan bagi seorang gadis yatim yang sedang bimbang karena kekasihnya pergi dan belum kembali.

infografis

Berputar-putar melambangkan kebimbangan seperti halnya orang yang sedang kebingungan dan kemudian mondar-mandir. Begitu juga Utan Along.

Karena hal itulah dinamakan leleng. Properti yang Digunakan Pada Tari Leleng dari Kalimantan Timur Dalam pertunjukannya, biasanya Tarian Leleng akan diiringi oleh nyanyian leleng yang menceritakan tentang Utan Along.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Dilansir dari laman warisanbudaya.kemendikbud, perlengkapan atau properti yang digunakan pada tari leleng dari Kalimantan Timur ini berupa bulu burung Enggang yang disebut kirip.

Bulu burung itu dipakai untuk menghiasi kedua belah tangan, sehingga menyerupai kipas. Selain itu hiasan bulu burung ini dipakai pula di topi.

Diketahui, Suku Dayak Kenyah ini tinggal di kawasan hutan, dengan sumber penghidupan dari aktivitas perladangan, berburu dan mengumpulkan hasil hutan.

Dalam kehidupannya, mereka percaya bahwa nenek moyang mereka datang di bumi dengan perantara burung Enggang. Oleh karena itu mereka sangat menghormati burung Enggang.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini