Share

Mau Lihat Pameran Foto Sejarah, Yuk ke Museum Timah Indonesia!

Antara, Jurnalis · Kamis 28 Juli 2022 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 27 406 2637023 mau-lihat-pameran-foto-sejarah-yuk-ke-museum-timah-indonesia-mPEoiKTOr6.JPG Museum Timah Indonesia di Muntok, Bangka Barat (Foto: Instagram/@museumtimahindonesia)

MUSEUM Timah Indonesia (MTI) Muntok bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar pameran foto sejarah dan 'Salam Pancasila' guna meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Sinergi dengan PT Timah Tbk ini dapat mendukung dan meningkatkan perkembangan pariwisata, baik itu wisata sejarah mau pun wisata lainnya," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat, Muhammad Ali.

Ia mengatakan, kegiatan pameran foto sejarah dan kegiatan Salam Pancasila bertemakan 'Pekik Merdeka! Adalah Salam Rakyat di Seluruh Pulau Bangka' itu dimulai Selasa, 26 Juli 2022 hingga 1 Agustus 2022 di MTI Muntok.

Selain mengenang sejarah perjuangan bangsa, pameran tersebut juga sebagai upaya pemerintah daerah dalam mempromosikan wisata sejarah tingkat nasional.

Infografis Museum Beken di Jakarta

"Pameran foto ini terbuka untuk umum yang menampilkan foto-foto peristiwa dan keseharian para pemimpin Republik Indonesia selama kurun waktu diasingkan di Muntok," ujarnya.

Menurut dia, pameran foto dan Salam Pancasila itu sebagai upaya pemerintah untuk mempromosikan pariwisata daerah.

Sebagaimana diketahui, kawasan Muntok merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kemerdekaan Indonesia karena menjadi salah satu daerah yang menjadi lokasi pengasingan dan pertemuan para pendiri bangsa.

"Kegiatannya pameran foto, lawatan sejarah, sampai dengan sarasehan nanti dilaksanakan di Museum Timah Indonesia, yang merupakan cagar budaya juga di bawah wewenang PT Timah Tbk," katanya.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Pihaknya memberikan apresiasi terhadap komitmen PT Timah Tbk dalam mendukung berbagai kegiatan yang mendukung pariwisata maupun kegiatan lainnya.

"PT Timah selalu hadir untuk mendukung kegiatan-kegiatan Pemkab Bangka Barat, apapun kegiatannya, tidak hanya di dinas pariwisata dan kebudayaan, tetapi seluruh dinas lainnya," katanya.

Koordinator Bidang Sejarah MTI, M Ferhad Irvan mengatakan, pameran foto tersebut diharapkan dapat semakin mengenalkan MTI Muntok.

"MTI Muntok dipilih menjadi lokasi pameran dan kegiatan karena tempatnya strategis, luas serta mewakili suasana bangunan kluster Eropa di Kota Muntok. Melalui kegiatan ini diharapkan juga dapat memperkenalkan dan mempromosikan MTI ini ke pihak luar," kata Ferhad.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini