Share

5 Cara Agar Kucing Tidak Mencakar Sofa, Cat Lovers Wajib Tahu!

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 28 Juli 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 27 406 2637294 5-cara-agar-kucing-tidak-mencakar-sofa-cat-lovers-wajib-tahu-JzPFL5m7EB.jpg Kucing (Pixabay.com)

ADA 5 cara agar kucing tidak mencakar sofa. Tingkah laku kucing memang tak melulu menggemaskan, terkadang bisa menjengkelkan misalnya saat mencakar sofa di rumah atau buang air sembarangan.

Ya, kebiasan kucing itu tentu bisa membuat furnitur di dalam rumah menjadi rusak dan tak lagi indah dipandang. Lantas, bagaimana solusinya?

Melansir dari Pet Keen, berikut 5 cara agar kucing tidak mencakar sofa.

1. Gunakan selotip kucing

Selotip kucing berguna untuk mengurangi minat kucing mencakar furnitur Anda. Ini karena kucing peka terhadap tekstur, terutama pada cakarnya. Dan, seekor kucing senang menggaruk karena menurut mereka rasanya enak.

Nah, menempatkan selotip kucing pada furnitur akan membuatnya tidak menarik lagi bagi kucing untuk menggaruk. Tapi, Anda harus meletakkannya tepat di tempat yang biasanya mereka targetkan, sehingga cakar mereka akan melewatinya saat mereka berjalan.

2. Letakkan kaus kaki atau tutup kuku di kaki mereka

Alih-alih menghilangkan atau memangkas cakar kucing Anda sepenuhnya, Anda dapat menumpulkan kuku mereka menggunakan tutup kuku untuk sementara.

Tutup kuku ini bisa menjadi salah satu cara untuk menutupi kuku tajam mereka dan secara efektif menumpulkannya. Mereka masih bisa menggunakan kuku mereka, tetapi tidak akan merusak kain Anda ketika menggaruk.

3. Gunakan cat-scratch spray

Salah satu cara agar kucing Anda menghindari furnitur adalah dengan menggunakan cat scratch spray. Menyemprotkannya ke suatu area akan membantu mereka membatasi goresan yang merusak atau membuat mereka ingin menghindari perabot itu.

4. Pasang panel vinil

Lindungi sofa Anda secara langsung dengan memasang sementara panel vinil yang menutupi sisi-sisi furnitur. Menempatkan panel vinil di sekitar furnitur memang tidak akan terlihat bagus, tetapi Anda hanya perlu melakukannya saat melatih kucing Anda.

Setelahnya, Anda boleh melepas panel vinil dari sofa. Panel vinil membuat sisi sofa Anda tidak dapat diakses oleh kuku tajam kucing Anda. Bahkan jika mereka mencoba menggaruk, tidak akan merobek kain sofa.

5. Berikan area untuk menggaruk atau mencakar

Terakhir, penting untuk memberi mereka area atau benda pengganti untuk menggaruk dan mencakar. Bahkan seekor kucing yang telah dipotong kukunya akan terus mencoba dan mencakar, menunjukkan bahwa itu adalah kecenderungan yang mendarah daging dan sepenuhnya alami.

 ilustrasi

Tiang garukan adalah cara paling umum yang diberikan orang kepada kucing mereka. Letakkan tiang garukan di tempat yang disukai kucing Anda. Area khusus ini bisa berada di dekat jendela atau di ruangan tempat keluarga berkumpul jika kucing Anda suka bergaul.

Ingatlah, salah satu alasan utama kucing menggaruk adalah untuk menandai wilayah mereka. Jika Anda menyelipkan tiang garuk ke sudut yang tidak digunakan, mereka cenderung tidak ingin menjadikannya milik mereka.

Seringkali, kucing suka menggaruk setelah tidur siang. Jika mereka memiliki area tidur biasa, ini bisa menjadi tempat utama lainnya untuk menempatkan tiang garukan. Selamat mencoba!

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini