Share

Seram! 3 Pantai di Jawa Ini Kental Aura Mistis, Berkaitan Sosok Nyi Roro Kidul

MNC Portal, Jurnalis · Kamis 28 Juli 2022 01:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 27 408 2636910 seram-3-pantai-di-jawa-ini-kental-aura-mistis-berkaitan-sosok-nyi-roro-kidul-Ydhsdt7CvE.JPG Pantai Parangkusumo, DIY (Foto: Instagram/@ftmhsiti_22)

TERDAPAT sejumlah pantai di Indonesia kental dengan hal-hal bernuansa mistis, khususnya di Pulau Jawa yang kerap dikaitkan oleh sosok penunggu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul.

Ratu yang diyakini cantik jelita ini pun dipercaya sebagian masyarakat menguasai pesisir selatan Pulau Jawa. Tak perlu heran jika banyak pantai di pesisir selatan yang sering dikaitkan dengan legenda Nyi Roro Kidul.

Terlebih pantai selatan dikenal memiliki ombak yang ganas dan tak jarang memakan korban jiwa dari pengunjung yang berwisata ke pantai tersebut.

Berikut 3 pantai di Pulau Jawa yang kerap dikaitkan oleh sosok Nyi Roro Kidul yang kental aura mistisnya, sebagaimana dirangkum MNC Portal dari berbagai sumber.

Pantai Parang Kursi

Pantai Parang Kursi di Banyuwangi, Jawa Timur dipercaya sebagai salah satu bagian dari kerajaan milik Sang Ratu. Nama Parang Kursi sendiri diambil dari sebuah formasi batu karang yang berbentuk kursi besar setinggi 20 meter.

Lukisan Nyi Roro Kidul

(Foto: MNC Portal/Bramantyo)

Kursi ini disebut-sebut sebagai salah satu singgasana Nyi Roro Kidul. Bahkan meski batu karang di pantai ini berukuran besar dan tinggi, ganasnya ombak selatan sering menghantam dan menimbulkan pecahan ombak yang lebih tinggi.

Pantai Parangkusumo

Dari sekian banyaknya pantai yang terletak di pesisir selatan Yogyakarta, Pantai Parangkusumo yang dianggap paling angker. Pantai yang terkenal dengan gumuk pasirnya ini dipercaya oleh banyak orang sebagai salah satu pintu gerbang menuju keraton Nyi Roro Kidul.

Karena itu, pengunjung disarankan tidak memakai pakaian berwarna hijau jika berkunjung ke Pantai Parangkusumo. Sebab, banyak yang percaya jika ada yang memakai pakaian hijau maka dapat menjadi korban penguasa laut selatan.

Pantai Parangkusumo terletak di Kabupaten Bantul. Anda bisa menjangkaunya dengan berkendara sekira 1 jam dari pusat Kota Yogyakarta.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Pantai Palabuhan Ratu

Tak terhitung banyaknya korban jiwa yang terbawa ganasnya ombak di Pantai Palabuhan Ratu. Banyak orang mengaitkannya dengan Nyi Roro Kidul.

Meski demikian, pantai yang terletak di Sukabumi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama pada akhir pekan dan hari libur. Palabuhan Ratu dianggap sebagai tempat paling strategis untuk bertemu dengan Sang Ratu.

Namun hanya orang-orang tertentu yang bisa melihat dan bertemu dengan Nyi Roro Kidul. Karena kental dengan suasana mistis, banyak pantangan yang ditujukan kepada pengunjung. Salah satunya adalah tidak bersiul ke arah laut karena ini bisa membuat Nyi Roro Kidul marah.

Di kawasan Palabuhan Ratu juga ada sebuah hotel yang identik dengan penguasa pantai selatan itu. Ada satu kamar istimewa yang dikhususkan untuk Sang Ratu lengkap dengan lukisan wanita cantik yang dipercaya sebagai wujud Nyi Roro Kidul dengan latar belakang lautan berombak ganas.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini