Share

7 Ritual Aneh di Dunia yang Masih Dilakukan Sampai Sekarang, Potong Jari hingga Makan Jenazah!

Cita Zenitha, Jurnalis · Jum'at 29 Juli 2022 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 28 406 2637976 7-ritual-aneh-di-dunia-yang-masih-dilakukan-sampai-sekarang-potong-jari-hingga-makan-jenazah-5b7OR4RzCb.jpg Suku Aghori di India punya ritual makan mayat manusia (Quartz India)

ADA banyak ritual aneh di dunia yang masih dilakukan sampai sekarang oleh suku-suku yang masih kokoh menjaga adat istiadatnya. Ritual-ritual tersebut tentu saja punya makna tersendiri bagi mereka dan sudah dipraktikkan secara turun-temurun.

Ritual menjadi kegiatan sakral yang sudah dilakukan sejak zaman nenek moyang dan diteruskan ke anak cucu. Meski beberapa ritual dianggap nyeleneh namun ternyata beberapa orang memiliki kepercayaan tersendiri sehingga tetap melakukannya hingga sekarang.

Memang tidak bisa menghilangkan begitu saja ritual yang telah melekat di masyarakat. Apalagi jika lingkungan masyarakat tersebut sangat kental dalam menganut kepercayaan tertentu.

 BACA JUGA:Ritual Unik Proses Pemakaman di Toraja, Ada Mayat Berjalan Sendiri

Kali ini Okezone akan membahas Ritual aneh di dunia yang masih dilakukan sampai sekarang. Dari negara mana saja ya?

Ritual Aneh di Dunia yang Masih Dilakukan Sampai Sekarang

1. Menari Sambil Membawa Mayat, Madagascar

Pernahkan kalian memikirkan menari dengan mayat? Sepertinya sangat tidak mungkin untuk dilakukan. Tapi ternyata menari dengan mayat menjadi ritual di Venezuela dan Brazil.

ilustrasi

Tarian orang mati di Madagaskar (Foto Hery Zo Rakotondramanana/Listverse.com)

Ritual menari dengan mayat in dilakukan sebelum mengubur jenazah. Tarian diiringi dengan musik baru kemudian jenazah dimakamkan.

2. Night Hunting, Bhutan

Ritual selanjutnya datang dari Bhutan, night hunting. Ritual ini identik dengan para pria lajang yang hendak mencari jodoh atau cinta sejati. Pada malam hari pria Bhutan akan memasuki kamar gadis idamannya.

Jika perbuatannya diketahui oleh orang tua sang gadis maka mereka akan dinikahkan. Sang lelaki dengan senang hati menikah meski harus membantu pekerjaan di ladang ayah sang gadih.

3. Menusuk Bagian Tubuh, Thailand

Thailand memiliki ritual menusuk pipi menggunakan benda tajam seperti pedang, paku atau pisau. Ritual aneh tersebut biasa dilakukan ketika memperingati hari vegetarian.

Masyarakat Thailand meyakini para Dewa menusuk tubuh mereka supaya mendapat keberuntungan. Selama ritual ini berlangsung mereka tidak akan makan daging.

4. Memotong Jari Tangan, Indonesia

Indonesia ternyata juga memiliki ritual aneh dan tak lazim untuk dilakukan. Pasalnya kita harus memotong jari tangan kita jika terdapat anggota keluarga yang meninggal. Tentu saja ritual ini memiliki arti yaitu untuk menjauhkan arwah orang yang sudah meninggal dan sebagai tanda kepedihan yang amat dalam.

5. Memakan Jenazah, India

Di India ada suatu suku bernama suku Aghori yang memiliki ketakutan akan kematian. Mereka percaya jika memakan jenazahmanusia atau bahkan memakan manusia hidup bisa menjadikan mereka abadi dan dapat melawan kematian.

6. Memakan Abu Orang Mati, Venezuela dan Brazil

Sebuah suku di Venezuela di Brazil, Yanomami, melakukan ritual memakan abu keluarga yang wafat. Suku ini menjadi salah satu suku yang tidak pernah menyentuh peradaban modern.

ilustrasi

Mereka mempercayai memakan abu keluarga yang sudah meninggal merupakan bentuk kasih sayang kepada mereka.

7. Festival Pesing, jepang

Jepang memiliki tradisi bernama festival persing. Orang yang mengikuti festival ini membawa patung besar berbentuk penis dan mengajaknya ke sekeliling daerah.

Festival pesing ini bertujuan untuk mengusir iblis yang merujuk kepada birahi dan berdoa agar pekerja seks komersial dijauhkan dari penyakit.

Demikianlah ritual aneh di dunia yang masih dilakukan sampai sekarang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini