Share

8 Destinasi Wisata Menarik di Tasikmalaya, Cocok Buat Healing Bareng Keluarga

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 29 Juli 2022 05:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 28 408 2637697 8-destinasi-wisata-menarik-di-tasikmalaya-cocok-buat-healing-bareng-keluarga-4dHTRXeARN.JPG Rumah warga Kampung Naga, Tasikmalaya, Jawa Barat (Foto: Instagram/@kampungnaga_tasikmalaya)

JAWA Barat menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki deretan destinasi wisata menarik. Mulai destinasi wisata alam hingga kekinian, misalnya ada di Tasikmalaya.

Tasikmalaya, Jawa Barat tak hanya dikenal dengan pesantren dan produk fesyennya saja, tapi juga memiliki deretan destinasi wisata yang harus Anda kunjungi dan menjelajahi satu persatu.

Dilansir dari berbagai sumber berikut ini 8 destinasi wisata di Tasikmalaya, cocok dijadikan tempat liburan keluarga.

1. Tonjong Canyon Cipatujah

Tasikmalaya memiliki tempat wisata alam, yaitu Tonjong Canyon Cipatujah. Berlokasi di Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Tasikmalaya.

Tonjong Canyon Cipatujah merupakan replika dari Green Canyon, karena memiliki suasana yang mirip dengan tempat wisata terkenal tersebut.

Selain itu Tonjong Canyon Cipatujah didominasi tebing berbatu dengan warna kecoklatan ditambah dengan aliran sungai yang tenang. Wisatawan bisa datang dan menikmati keindahan dari sisi manapun.

2. Danau Situ Gede

Selanjutnya adalah Danau Situ Gede yang merupakan destinasi wisata yang cukup terkenal di Tasikmalaya. Lokasinya berada di Kecamatan Mangkubumi, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Danau Situ Gede

(Foto: Instagram/@estinugraheni83)

Danau ini memiliki luas 47 hektar. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota dengan begitu sangat mudah bagi Anda untuk menjangkau danau cantik ini.

Pemandangan di sekitarnya bisa memanjakan mata Anda. Para wisatawan dapat melihat pesona Danau Situ Gede dengan berdiam diri di gazebo-gazebo yang sudah disediakan.

3. Curug Dengdeng

Tasikmalaya juga memiliki air terjun yang tak kalah menarik dengan yang ada di daerah lainnya di Jawa Barat. Curug Dengdeng namanya, menjadi salah satu destinasi wisata alam yang ada di wilayah ini.

Curug Dengdeng beralamat di Cikatomas, Tawang, Pancatengah, Tasikmalaya, Jawa Barat. Menariknya curug ini memiliki tiga tingkatan dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Aliran airnya cukup deras karena hulu sungai yang ada di Gunung Raja dan masih cukup aman untuk bermain di alirannya. Tiket masuk ke wisata ini senilai Rp5,000.

4. Karaha Bodas

Selanjutnya yaitu Karaha Bodas menjadi bagian wisata menarik di Tasikmalaya yang bisa Anda singgahi. Bagi Anda yang tertarik dengan tantangan atau trekking, bisa menjelajahi Karaha Bodas ini yang mayoritas adalah bebatuan.

Lokasi Karaha Bodas ini berada di Desa Kadipaten, Kecamatan Kadipaten, Tasikmalaya. Karaha Bodas adalah kawah dari gunung api muda yang bisa menghasilkan fenomena fumarol dan juga solfator yang bisa berpotensi menghasilkan panas bumi.

Anda yang ingin datang ke Karaha Bodas harus menyiapkan segala persiapan, mulai dari perjalanan hingga mental. Tiket masuknya cukup terjangkau, yaitu Rp10,000.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

5. Leuwi Cito Pancatengah

Leuwi Cito Pancatengah jadi salah satu destinasi wisata menarik di Tasikmalaya yang direkomendasikan. Lokasinya berada di Pangliaran, Pancatengah, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Leuwi Cito Pancatengah ini merupakan air terjun mini, dan kolamnya pun cukup dangkal. Selain itu airnya juga cukup jernih, ditambah pemandangan hijau nan asri di sekelilingnya menjadikan tempat ini semakin menarik.

6. Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta menjadi pantai yang cukup dikenal Tasikmalaya. Lokasinya berada di Sindangkerta, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Pantai Sindangkerta ini cukup menarik, karena memiliki Taman Laut Lengsar yang jadi daya tariknya. Terumbu karang dan aneka jenis biota laut laut yang cantik, akan membuat Anda betah berlama-lama do pantai ini.

Pantai Sindangkerta

(Foto: Instagram/@threeamor.73)

Bagi Anda yang berencana liburan ke Pantai Sindangkerta, cukup membayar tiket masuk senilai Rp5,000 per orangnya.

7. Wisata Taraju

Wisata Taraju ini merupakan perkebunan teh, dan pertanian lainnya yang ada di Tasikmalaya. Tempat wisata satu ini cocok dijadikan lokasi healing atau mengalihkan diri dari penatnya hiruk pikuk kota.

Selain itu spot gardu pandangan Hutan Pinus Kacapiring merupakan spot favorit para wisatawan. Bagi yang hobi berfoto, Anda bisa mencari spot-spot menarik lainnya di Wisata Taraju ini. Wisata Taraju beralamat di Jalan Raya Taraju, Deudeul, Singaparna, Tasikmalaya, Jawa Barat.

8. Kampung Naga

Bagi Anda yang ingin berwisata dengan kearifan lokal khas Sunda, bisa mengunjungi Kampung Naga yang berlokasi di Neglasari, Salawu, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Ada banyak keunikan yang bisa Anda temui di kampung ini, karena letaknya tepat berada di lembah yang subur.

Menariknya lagi, setiap rumah-rumah warga memang memiliki kemiripan satu sama lain, terutama dari arsitekturnya yakni berbentuk rumah panggung.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini