Share

5 Wisata Menarik di Papua Selain Raja Ampat, Jangan Sampai Lewat Ya!

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 29 Juli 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 28 408 2637759 5-wisata-menarik-di-papua-selain-raja-ampat-jangan-sampai-lewat-ya-3la50wiqKV.JPG Pulau Mansinam, Manokwari, Papua Barat (Foto: Instagram/@ayie89soffyra)

RAJA AMPAT, Papua Barat merupakan salah satu Destinasi Wisata Prioritas yang digadang-gadang oleh pemerintah. Keindahan dari wilayah di paling barat Indonesia ini, sudah tak diragukan lagi.

Bahkan banyak wisatawan mancanegara (wisman) yang sengaja mengunjungi Raja Ampat, hanya untuk melihat langsung pesonanya. Akan tetapi selain itu, juga terdapat kawasan lain yang tak kalah menarik.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini la destinasi wisata di Papua selain Raja Ampat yang tak kalah cantik dan menarik.

1. Pulau Mansinam

Mansinam merupakan pulau pariwisata religi bagi umat Kristen Protestan. Pulau yang merupakan bagian dari wilayah Papua Barat ini letaknya sekitar 6 kilometer dari Manokwari.

Salah satu objek wisata yang populer, sekaligus jadi daya tarik di Pulau Mansinam, yakni sebuah monumen Patung Yesus berukuran raksasa, di mana menjadi simbol atau perlambangan sejarah panjang perkembangan peradaban di Papua.

Patung yesus di Pulau Mansinam ini sekilas mirip dengan Patung Kristus Penebus yang ada di Rio de Janeiro, Brazil, namun dalam ukuran yang sedikit lebih kecil. Untuk mencapai pulau ini membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit menggunakan kapal mesin.

2. Pantai Pasir Putih Yen Bebay

Tempat wisata Pantai Pasir Putih Yen Bebay berlokasi sekitar 5 kilometer dari pusat kota. Anda dapat menempuhnya menggunakan kendaraan roda empat, atau roda dua sekitar 15 menit. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih.

Pantai Yen Bebay, Manokwari

(Foto: pariwisata-manokwari.info)

Menariknya, pasir di pantai ini bertekstur lembut dan air lautnya yang begitu memanjakan mata, karena berwarna biru jernih kehijauan.

Selain itu, terdapat juga pulau-pulau yang asri dan memiliki pemandangan yang indah. Suasananya pun sangat tenang, serta masyarakatnya yang ramah dan masih terdapat perkampungan tradisional yang khas.

Anda dapat melakukan aktivitas berenang, atau sekedar bersantai dan berjemur di pinggir pantai dengan tenang dan nyaman. Tak lupa untuk berswafoto, mengabadikan momen indah di tempat ini.

3. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz adalah sebuah taman nasional yang terletak di provinsi Papua, Indonesia. Dengan luas wilayah sebesar 2,4 juta hektar. Lorentz merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara.

Selain itu, menariknya lagi taman ini dijadikan sebagai warisan Dunia oleh UNESCO.

Taman nasional ini memiliki gletser di tengah tropis yang hanya dimiliki oleh tiga wilayah di dunia dan salah satunya adalah taman nasional Lorentz Papua ini. Selain keindahan alam Anda juga akan menikmati keragaman flora dan fauna di taman ini.

Nama Taman Nasional ini diambil dari seorang Penjelajah asal Belanda, Hendrikus Albertus Lorentz,yang melewati daerah tersebut pada tahun 1909 yang merupakan ekspedisinya yang ke-10 di Taman Nasional ini. Taman Nasional Lorentz berlokasi di Yakapis, Kabupaten Asmat, Papua.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Teluk Doreri

Kemudian ada Teluk Doreri yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Terdapat tiga pulau indah yang ada di Teluk Doreri, yaitu Pulau Mansinam, Pulau Raimuti, dan Pulau Lemon. Ketiga pulau tersebut memiliki terumbu karang alami yang sangat indah dan unik.

Hal menarik lainnya, yaitu di pulau-pulau di Teluk Doreri itu diperkirakan memiliki 20 bangkai kapal bekas Perang Dunia II, lho.

Anda dapat melihat dengan jelas sekitar 5 kapal bekas perang, seperti kapal Pasir Putih Wreck (kapal patroli angkatan laut dengan panjang antara 13-22 m), Pillbox Wreck (kapal kargo komersial pembawa amunisi dengan panjang antara 9-16 m), Cross Wreck (kapal patroli), Mupi Wreck, Shinwa Maru (kapal kargo).

Maka dari itu, beberapa bangkai kapal yang karam di dasar laut itu jadi spot tersendiri ketika Anda melakukan snorkeling atau diving.

Kali Biru Warsambin

(Foto: Instagram/@alluqman13)

5. Kali Biru

Kali Biru menjadi salah satu bagian wilayah Raja Ampat. Berlokasi di Kampung Warsambin, Distrik Teluk Mayalibit. Di sini Anda akan melihat pemandangan Papua yang sangat menakjubkan.

Untuk menuju ke Kalibiru, pengunjung bisa memulainya dari Desa Warsambin. Kemudian menyeberangi Teluk Mayalibit dengan perahu sekitar 15 menit. Lalu berjalan kaki menyusuri hulu sungai sekitar 30 menit. Sepanjang jalan bisa menikmati pemandangan alam indah.

Suasana hutan tropis masih asri, serta hulu sumber mata air yang jernih akan membuat suasana menjadi sangat menyenangkan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini