Share

5 Kuliner Janda Ternikmat di Indonesia, Ada yang Sudah Eksis Sebelum Reformasi

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Minggu 31 Juli 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 29 301 2638571 5-kuliner-janda-ternikmat-di-indonesia-ada-yang-sudah-eksis-sebelum-reformasi-7n6QBXLO2L.jpg Kedai bakmi janda yang sempat viral (Instagram @lalahikarucollection)

MENGULAS 5 kuliner janda ternikmat yang ada di Indonesia. Di Indonesia, istilah janda tak hanya diperuntukkan untuk wanita yang telah berpisah dengan suami, baik karena bercerai maupun ditinggal mati. Namun, istilah janda juga banyak digunakan dalam kuliner.

Memang terkesan nyeleneh, tapi kuliner janda ini umumnya memiliki rasa yang nikmat dan banyak disukai orang. Lantas, apa saja kuliner janda ternikmat yang ada di Indonesia? Untuk mengetahuinya, simak rangkuman berikut ini.

5 Kuliner Janda Ternikmat yang Ada di Indonesia

Berikut ini 5 kuliner janda ternikmat yang ada di Indonesia yang wajib dicoba:

1. Janda berenang

Mendengar istilah ‘janda berenang’ mungkin sebagian orang mengira istilah ini mengarah pada seorang wanita yang sedang berenang. Namun, siapa sangka, istilah ini menjurus pada kuliner khas Sumbawa yang berupa kue manis. Ya, kue ini kerap kali disajikan saat acara-acara besar masyarakat adat Sumbawa.

Uniknya,terdapat beberapa versi cerita asal mula kue ini dinamai janda berenang. Salah satunya, konon, pada zaman dulu ada seorang janda yang membuat kue ini. Saat membuat kue, janda itu berenang (pergi) dari rumah dan tak pernah kembali.

Akan tetapi, versi lain menyebutkan bahwa kata 'berenang' memiliki arti berhenti. Sehingga, kue ini dibuat oleh janda yang sudah siap menikah lagi.

Secara umum, kue ini berbahan dasar tepung maizena dengan kacang hijau yang dihaluskan dan campuran gula merah. Setelah adonan jadi, janda berenang dibungkus daun pisang dan dikukus.

2. Bakmi janda

Tak hanya bakso janda, kuliner 'janda' ternikmat lainnya ada bakmi janda. Kuliner satu ini pertama kali muncul di Surabaya dan menjadi perbincangan hangat di sekitar tahun 2018. Kamu bisa menemukan kuliner ini di Jalan Raya Jemursari No. 76.

Menariknya lagi, penjual bakmi di sini adalah para janda. Jamilla, selaku pemilik sengaja mempekerjakan para janda di kedainya. Para pelayan ini juga memakai beragam kostum untuk menarik perhatian pelanggan.

ilustrasi

Bakmi janda (Instagram)

Bakmi ini tersedia dalam pilihan menu Bakmi Jahot (Janda Hot) dan Bakmi Jasa (Janda Desa). Selain itu, berbagai minuman di sini juga diberi nama janda.

3. Bakso janda

Selain berupa kue, kuliner janda ternikmat juga ada yang berupa bakso. Ya, bakso janda dapat ditemui di Aceh Utara, tepatnya di Desa Matang. Kuliner satu ini dapat ditemui di warung Mieso Janda Cirasa.

Nama janda digunakan sang pemilik warung, Idarwati sebab saat ia kuliah kerap kali dipanggil "Kak Janda" oleh teman-temannya. Sementara untuk kata Cirasa memiliki arti "Coba rasa".

Bakso janda dibanderol dengan harga sekitar Rp 10.000 per mangkuk. Seporsi bakso ini juga bisa ditambahkan mie kuning dan limpahan tetelan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Seblak janda

Bagi pecinta seblak di kota Bandung mungkin tak asing dengan seblak satu ini. Ya, seblak janda memang terkenal di Kota Kembang ini. Warung kuliner khas Sunda ini ada di Jalan A. H. Nasution, Ujungberung.

Uniknya, pemakaian nama janda bukan lantaran penjualnya seorang janda, melainkan karena singkatan dari "jajanan Sunda". Kuliner favorit kaum wanita ini menghadirkan kuah seblak otentik Bandung dengan banyaknya pilihan isian mulai dari tulang, ceker, sayap, cilok, hingga ragam sayuran.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 16.000. Terlebih ada 6 level pedas, mulai dari harmonis sampai talak tiga.

5. Sop janda

Sop janda adalah salah satu kuliner yang kini dijual di banyak tempat. Kuliner legendaris ini kebanyakan mengusung nama Janda sebab diambil dari kata ‘Jawa Sunda’.

ilustrasi

Namun jika ingin mencari sang pencetus dan pelopor yang memang dijual seorang janda, kamu bisa berkunjung ke Sop Janda Ibu Darmi. Warung ini ada di kawasan MM2100 Cibitung, tepatnya di Jalan Bali 1 No.31, Gandamekar, Rawa Julang, Cikarang Barat, Bekasi. Mbok Darmi diketahui sudah berjualan sop janda sejak 1997 atau sebelum reformasi.

Sop ini sebenarnya adalah sop iga yang ditambah tulang sapi. Kuliner ini memiliki kuah yang memiliki cita rasa pedas menyegarkan sebab berisi banyak cabai rawit. Banyak orang menyukai kuliner ini lantaran dagingnya terkenal empuk dan kuahnya nikmat.

Demikian 5 kuliner janda ternikmat yang ada di Indonesia yang wajib dicoba para pecinta kuliner.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini