Share

5 Rahasia Maskapai Penerbangan yang Jarang Orang Ketahui

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 30 Juli 2022 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 29 406 2638473 5-rahasia-maskapai-penerbangan-yang-jarang-orang-ketahui-JPzgGHjJXa.JPG Ilustrasi (Foto: Getty Images)

PESAWAT terbang adalah kendaraan yang diklaim memiliki keamanan yang lebih, karena tingkat kecelakaannya sangatlah kecil. Bahkan waktu yang ditempuh pun relatif lebih cepat, serta memberikan kenyamanan bagi para penumpangnya.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada beberapa hal yang jarang orang tahu ada rahasia dunia penerbangan di balik pesawat terbang.

Mulai dari jumlah bahan bakar, hingga persoalan toilet. Hal ini pun jarang diceritakan oleh pramugari kepada yang lain.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini lima rahasia dunia penerbangan yang jarang orang ketahui.

1. Kursi pesawat semakin kecil

Bagi Anda yang sering naik pesawat sebagai moda transportasi pilihan, mungkin sebagian tidak menyadari bahwa kursi atau seat pesawat semakin kecil.

Hal ini berpengaruh sejak deregulasi industri diberlakukan pada 1970-an. Di mana kuran ruang kaki yang ada di dalam pesawat berubah dari 35 inci menjadi 31 inch hingga saat ini.

Adanya pengerucutan ukuran kursi tersebut, dimungkinkan penambahan dari jumlah kursi di dalam pesawat agar lebih banyak menampung banyak penumpang. Tentunya hal tersebut sudah diperhitungkan.

Infografis Bagian Terlarang oleh Penumpang Pesawat

2. Toilet di pesawat tidak terkunci

Di setiap pesawat tentunya menyediakan toilet yang bisa digunakan oleh para penumpang, ketika mereka ingin buang hajat. Jika diperhatikan memang tidak ada yang salah, namun tahukah Anda bahwa pintunya tak benar-benar terkunci.

Ya pintu toilet tidak benar-benar terkunci, meskipun ada tulisan lock di pintunya. Hal ini dikarenakan untuk berjaga-jaga, apabila seseorang tidak bisa membuka pintu dari dalam, maka akan dibukakan dari luar.

Kemudian untuk tanda lock di pintu, nantinya akan berubah warna. Jika ada seseorang di dalam akan ditandai warna merah. Sedangkan saat toilet kosong, maka warna yang diperlihatkan warna hijau atau biru.

3. Bahan bakar pesawat tidak banyak

MUngkin Anda membayangkan, bahwa bahan bakar yang digunakan pesawat agar dapat terbang dan berfungsi sesuai dengan semestinya, membutuhkan bahan bakar yang sangat banyak. Mengingat ukuran pesawatnya pun sangat besar.

Tapi jangan salah, faktanya bahan bakar yang digunakan oleh pesawat tidak sebanyak itu lho. Pesawat diharuskan lepas landas hanya dengan tambahan 45 menit bahan bakar sebelum penerbangan.

Maka hal ini menunjukkan, bahwa tidak perlu lagi mengisi tangki pesawat dengan bahan bakar setiap kali sebelum terbang.

Anda tidak perlu khawatir akan terjadi seuatu yang fatal, sebenarnya tidak berbahaya bagi keselamatan penumpang, karena konsumsi bahan bakar dalam pesawat hanya berkontribusi sebesar 0,5 persen saja dari semua kecelakaan yang dilaporkan selama ini.

4. Masker oksigen hanya bertahan 15 menit

Di dalam pesawat terdapat masker oksigen untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Biasanya akan langsung diberikan, ketika keadaan darurat saja.

Meskipun penumpang pesawat sangatlah banyak, tapi ternyata masker oksigen di dalamnya hanya bisa bertahan sampai 15 menit saja.

Infografis Pesawat

5. Perlengkapan tidur jarang dicuci

Di kelas-kelas tertentu, Anda akan diberikan selimut atau perlengkapan tidur lainnya untuk digunakan selama penerbangan berlangsung. Guna membuat Anda lebih nyaman ketika tidur, atau saat kedinginan di dalam pesawat.

Meskipun selimut yang diberikan terlihat rapi, diberikan menggunakan plastik dan harum namun faktanya benda tersebut jarang dicuci. Selimut akan dibersihkan minimal 5 hari sekali, terkecuali benar-benar terkena noda dan juga bau.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini