Share

7 Cara Mendapatkan Liburan Gratis di Luar Negeri, Pelajar dan Traveler Wajib Tahu

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Minggu 31 Juli 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 29 406 2638556 7-cara-mendapatkan-liburan-gratis-di-luar-negeri-pelajar-dan-traveler-wajib-tahu-xBpzAAsPYP.jpg Ilustrasi (Freepik)

ADA 7 Cara mendapatkan liburan gratis di luar negeri yang wajib diketahui para traveler. Liburan menjadi salah satu kegiatan yang dipilih untuk menghilangkan rasa penat setelah bekerja atau belajar dalam waktu tertentu.

Selain sebagai pengisi energi, menyegarkan tubuh dan pikiran, kegiatan ini juga biasa digunakan sebagai hobi. Ya, para traveler acap kali menghabiskan waktu lebih banyak untuk liburan, baik liburan yang berbayar maupun gratis.

Umumnya, liburan gratis terutama di luar negeri menjadi impian bagi para traveler dan pelajar sebab mereka tak perlu mengeluarkan uang banyak bahkan jika bisa tak sepersen pun. Ternyata ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan liburan gratis di luar negeri.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan liburan gratis di luar negeri? Untuk mengetahuinya, simak rangkuman berikut ini.

7 Cara Mendapatkan Liburan Gratis

Ini 7 cara mendapatkan liburan gratis di luar negeri.

1. Ikut Beasiswa

Bagi kamu yang masih duduk di bangku kuliah namun ingin liburan gratis luar negeri bisa menjadi beasiswa hunter. Ya, program ini kerap kali menjadi batu sandungan bagi mereka yang ingin merasakan liburan bahkan hidup di luar negeri.

ilustrasi

Tak perlu merasa takut tak lolos, sebab kebanyakan beasiswa tak menuntut nilaimu untuk bagus. Hanya saja, umumnya yang mendapat beasiswa adalah orang yang mau bekerja keras dan memiliki motivasi jelas di masa depan. Terdapat beberapa beasiswa luar negeri, mulai dari beasiswa pemerintah, perusahaan swasta, hingga beasiswa dari kampus tujuanmu.

2. Ikut Serta Program Pertukaran Pelajar

Tak mendapat beasiswa ke luar negeri? Tak perlu sedih, sebab kamu masih bisa liburan gratis ke luar negeri dengan mengikuti program pertukaran pelajar.

Hanya saja untuk mendapatkannya memang cukup sulit ketimbang program beasiswa pada umumnya. Sebab, program ini mengharuskanmu memiliki nilai yang bagus dan bertanggung jawab terhadap pembelajaran yang akan didapatkan waktu menjalani program pertukaran pelajar ini.

Meski begitu, jika kamu mampu memenuhi kategori tersebut, kamu akan mendapatkan kesempatan liburan gratis di luar negeri. Bahkan, hingga mendapatkan akomodasi lainnya, seperti uang saku dan juga penginapan gratis.

3. Menjadi Au-pair

Menjadi bagian au-pair juga dapat dijadikan pilihan untuk liburan gratis. Program kerja sama yang sudah ada dari puluhan tahun lalu ini dapat membuatmu bekerja dan bersekolah secara gratis di benua lain selama beberapa waktu.

Uniknya, dengan mengikuti program ini kamu akan memiliki host atau keluarga angkat. Nantinya mereka akan menyekolahkanmu dan memberikan uang saku tiap bulan.

Hanya saja, ada ketentuan yang harus diikuti, yakni kamu harus bekerja pada mereka selama 5 jam per hari dari Senin hingga Jumat. Dengan durasi mulai tiga bulan, enam bulan, hingga maksimal satu tahun.Volunteer. Perlu diingat PROGRAM ini bukan pembantu atau TKI.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

4. Menjadi Volunteer

Volunteer bagi sebagian orang adalah cara dapat hadiah liburan gratis yang jarang sekali dipilih. Menjadi volunteer memang tidak mudah, sebab hanya mencari orang yang mempunyai jiwa sosial yang tinggi.

Volunteer umumnya hanya diperuntukkan untuk orang-orang yang mau mendedikasikan hidupnya untuk kepentingan orang lain. Selain dapat mengunjungi tempat yang baru, jika beruntung semua akomodasi, dari tiket keberangkatan akan ditanggung oleh pihak penyelenggara.

5. Magang di Luar Negeri

Magang di luar negeri juga bisa menjadi cara untuk merasakan liburan gratis. Sebelum mendaftar sebisa mungkin memahami ketentuan yang diberikan dalam lowongan. Sebab tak semua magang di luar negeri akan memberikan uang saku dan akomodasi.

ilustrasi

6. Ikut Lomba Tingkat Internasional

,Memiliki bakat yang mumpuni, coba asah bakat itu dan ikuti perlombaan di ajang Internasional. Tak hanya liburan gratis, jika kamu beruntung juga dapat memenangkan ajang tersebut.

7. Ikut UKM Go International

Beragam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) banyak yang sudah go international. Jika ingin pergi ke luar negeri, kamu bisa mengikuti salah satunya. Sebab, banyaknya ajang perlombaan antar UKM di taraf internasional dapat membuatmu pergi ke luar negeri secara gratis.

Demikian 7 cara mendapatkan liburan gratis di luar negeri yang perlu diketahui para pelajar dan traveler.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini