Share

Misteri Lokasi Pakuan Pajajaran, Konon Diapit 3 Sungai Besar

Avirista Midaada, Jurnalis · Minggu 31 Juli 2022 03:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 30 549 2638927 misteri-lokasi-pakuan-pajajaran-konon-diapit-3-sungai-besar-BJ3pMvAp3L.jpg Pratasti Batu Tulis Bogor (dok Istimewa)

TERDAPAT beragam tafsir mengenai lokasi ibu kota Kerajaan Pajajaran. Banyak yang mengatakan ibu kota Kerajaan Pajajaran yang terkuat adalah Pakuan Pajajaran. Namun lokasinya hingga kini masih menjadi misteri.

Konon disebutkan bahwa ibu kota Kerajaan Pajajaran berlokasi tak jauh dari aliran sungai besar di Jawa Barat. Lokasinya cukup strategis karena kedua sungai ini menjadi salah satu penghubung transportasi kala itu.

CP Rouffaer mencoba memisahkan kata Pakuan dan Pajajaran dan masing masing diberi makna simbolis.

infografis

Dikutip dari buku "Melacak Sejarah Pakuan Pajajaran dan Prabu Siliwangi" yang ditulis Saleh Danasasmita, Pakuan diartikan oleh Rouffaer sebagai kota Paku atau bisa diartikan "kota pusat", ibu kota, yaitu kota tempat kedudukan Pakuning Jagat (pakunya alam) atau raja.

Sementara Ten Dam mengartikan lokasi ibu kota Kerajaan Pajajaran berada di Sungai Cisadane dan Ciliwung yang dinilai tepat untuk menjadi pusat Kerajaan Pajajaran. Sebab, kedua sungai itu digunakan sebagai lalu lintas dagang antara kawasan pusat dan pesisir pantai utara.

Pendek kata, kedua sungai itu menjadi urat nadi kehidupan ekonomi Pajajaran. Ditambah dengan Sungai Cipakancilan yang melewati tengah-tengah ibu kota kerajaan yang pasti memiliki peran besar dalam mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari penduduk kota.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Ketika sungai ini betul-betul mengalir di ibu kota dan sejajar beberapa kilometer, maka wilayahnya dinamakan Pajajaran, artinya tanah dua tiga aliran. Begitulah Ten Dam menafsirkan wilayah ibu kota Kerajaan Pajajaran. Nama kota umumnya kerap menjadi nama negara.

Sedangkan kata Pakuan, menurutnya bukan nama tetapi kata jenis yang berarti kota. Ten Dam mengartikan Pakuan sebagai kota dan keraton disebut kedatuan. Adapun nama ibu kotanya Pajajaran yang kemudian digunakan sebagai nama kerajaan.

Penafsiran Ten Dam ini identik dengan Kota Bogor. Keberadaan Pakuan diapit oleh Sungai Ciliwung dan Cisadane. Kedua sungai itu terlihat sejajar apabila diamati menggunakan peta Kota Bogor.

Kedua sungai itu juga berkelok-kelok di bilangan Kota Bogor. Selain itu di antara kedua sungai itu ada satu sungai lagi yang cukup besar bernama Sungai Cipakancilan. Sungai ini juga tak kalah berkelok-keloknya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini