Share

Dianggap Sakral, Ini 10 Fakta Menarik Gunung Rinjani yang Wajib Traveler Tahu!

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 01 Agustus 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 31 406 2639582 dianggap-sakral-ini-10-fakta-menarik-gunung-rinjani-yang-wajib-traveler-tahu-WtfRXPieXR.jpg Gunung Rinjani di Pulau Lombok, NTB (Kemenparekraf)

GUNUNG Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) terkenal akan keindahannya dan jadi favorit para wisatawan pencinta alam, bukan saja di Indonesia, tapi juga mancanegara. Rinjani bak gunung surga.

Memiliki tinggi 3.726 meter di atas permukaan laut (MDPL), Rinjani merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia. Menaklukkan puncak Gunung Rinjani adalah tujuan banyak pendaki.

Berikut 10 fakta menarik tentang Gunung Rinjani.

1. Terletak di Garis Wallace

Lokasi persis Gunung Rinjani terletak pada area perbatasan garis Wallace, yang merupakan garis pertemuan flora fauna asiatis dan australis dalam perspektif ilmu Geografi. Hal ini membuat gunung ini kaya akan beragam flora dan fauna.

Ilustrasi

Gunung Rinjani (Dok Okezone.com)

Ada banyak jenis hewan dan tumbuhan unik yang berkembang disini, di antaranya adalah bunga edelweiss yang unik. Sementara untuk fauna nya terdapat lutung budeng, kijang, burung kolibri, hingga trenggiling.

2. Gunung Tertinggi Ketiga di Indonesia

Dengan ketinggiannya yang mencapai 3.726 MDPL, Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Jayawijaya di Papua dan Gunung Kerinci di Jambi.

3. Dijuluki Gunung Pantai

Tidak seperti gunung pada umumnya, Gunung Rinjani terdiri dari hamparan padang sabana sehingga udara terasa panas untuk ukuran gunung. Hal itu dilengkapi dengan banyaknya tiupan angin kencang yang ada di permukaannya, menjadikan Gunung Rinjani dijuluki gunung pantai karena kemiripan suhu dan iklimnya dengan area pantai.

4. Dianggap Sakral

Masyarakat Lombok menganggap Gunung Rinjani sebagai gunung yang sakral dan memiliki nilai spiritual. Warga setempat percaya bahwa gunung ini adalah pelindung Pulau Lombok.

Tak ayal masyarakat Lombok kerap mengadakan upacara adat dan ritual keagamaan di Gunung Rinjani. Bahkan suku Sasak yang merupakan warga asli Lombok membangun rumah dengan menghadapkannya ke arah Gunung Rinjani berada.

5. Namanya Berasal dari Bahasa Jawa

Meskipun berada di Pulau Lombok, nama Gunung Rinjani justru berasal dari Bahasa Jawa Kuno dimana Rinjani sendiri berarti ‘Tuhan’. Masyarakat setempat memilih penamaan tersebut dari seorang putri raja yang sedang bersemedi di Lombok. Sang putri itu bernama Anjani.

6. Memiliki Anak Gunung yang Sering Meletus

Sebagai gunung besar, Rinjani memiliki anak gunung yang bernama Gunung Barujari. Adapun aktivitas vulkanik dari Gunung Rinjani justru banyak berasal dari sang anak gunung.

7. Punya Danau Vulkanik Terbesar di Dunia

Salah satu spot yang paling terkenal di Gunung Rinjani adalah Segara Anak yakni sebuah danau vulkanik yang berada di tengah-tengah gunung dan merupakan yang terbesar di dunia.

8. Sempat Jadi Gambar Mata Uang

Eksotisme Gunung Rinjani beserta dengan Danau Segara Anak pun pernah diabadikan dalam sebuah mata uang pecahan Rp10 ribu yang dikeluarkan pada tahun 1998.

Ilustrasi

9. Beragam Spot Wisata

Gunung Rinjani merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Indonesia karena tidak hanya menawarkan aktivitas pendakian saja, namun juga terdapat berbagai spot wisata yang terletak di dalamnya.

Jika berkunjung ke gunung ini, wisatawan bisa menjumpai beragam pemandian air panas, goa yang cantik hingga air terjun!

10. Gunung ‘Beprestasi’

Sebagai WNI, rasanya kita harus berbangga terhadap keberadaan Gunung Rinjani. Selain menjadi salah satu ikon wisata alam tanah air, gunung ini pun diakui oleh dunia dan diganjar sejumlah penghargaan di bidang pariwisata lho.

Salah satunya yang paling ‘keren’ adalah penghargaan World Legacy Award untuk kategori Destination Stewardship dari Conservation International and National Geographic Traveler.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini