Share

Megah bak Istana, Intip Rumah Batu "Patrick Spongebob" di Wonogiri

Melati Pratiwi, Jurnalis · Senin 01 Agustus 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 31 408 2639425 megah-bak-istana-intip-rumah-batu-patrick-spongebob-di-wonogiri-yQbdfj3CaB.JPG Rumah batu di Genengharjo, Tirtomoyo, Wonogiri (Foto jalanmembara.wordpress.com)

PERNAH terpikir menempati rumah batu? Mungkin Anda akan membayangan Patrick Star. Ya, bintang laut dalam animasi Spongebob itu memang tinggal di rumah batu.

Tapi, sebenarnya di kehidupan nyata ada juga yang menempati hunian serupa. Tepatnya di Desa Genengharjo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Ada rumah batu yang telah berdiri sejak 1999.

Menurut Sutini, sang pemilik, rumah tersebut dibuat berdasarkan ide cemerlang suami tercinta. Dengan bantuan para tukang, rumah unik ini sama sekali tak menggunakan batu bata dan hanya mengandalkan semen, kawat, dan juga besi.

 BACA JUGA:5 Wisata Menarik di Papua Selain Raja Ampat, Jangan Sampai Lewat Ya!

Ketika memasuki area dalam rumah, siapapun akan dibuat kaget. Dari luar, rumah itu benar-benar tampak seperti batu besar berwarna hitam, namun dalamnya sungguh berbeda.

Layaknya rumah pada umumnya, terdapat beberapa perabot seperti kursi dan lain-lain. Ada pula beberapa pilar besar bermotif marmer yang biasanya ada dalam rumah-rumah megah.

Meskipun bentuknya melengkung bak setengah lingkaran, tapi rumah milik Sutini juga dilengkapi ventilasi udara. Sehingga, udara maupun sinar matahari masih bisa menerobos.

Ilustrasi

Rumah batu di Wonogiri (Foto jalanmembara.wordpress.com)

Dari video yang diunggah ke instagram @merinding.id terlihat ventilasi berbentuk lingkaran yang tersebar di permukaan dinding rumah.

Rumah batu Sutini memiliki dua lantai. Area lantai dua dan satu dihubungkan oleh tangga kayu.

 BACA JUGA:8 Destinasi Wisata Menarik di Tasikmalaya, Cocok Buat Healing Bareng Keluarga

Sutini sendiri mengaku jarang ke lantai dua karena terasa cukup panas. Area tersebut juga tak begitu luas dan hanya dihiasi sebuah kasur tidur berukuran queen.

Sementara itu, area halaman belakang rumah Sutini dimanfaatkan sebagai tempat menjemur baju dan juga kamar mandi. Nuansa sekitar kamar mandi pun tak kalah unik.

Ada dinding-dinding batu begitu estetik yang memisahkan dengan area kolam. Kolam tersebut sebenarnya dijadikan sebagai tempat wisata.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Menurut pengakuan Sutini pada si perekam video, rumah batu ini didirikan bukan tanpa alasan. Ada rasa trauma yang mendasari pembangunannya.

"Membuat rumah ini karena di latar belakangi oleh rasa trauma karena pernah terjadi angin puting beliung sehingga merobohkan rumah beliau" ujar sosok di balik kamera.

Hingga saat ini Sutini enggan melepas rumah batu unik miliknya pada siapapun. Walaupun, ada pihak-pihak yang tertarik dan sampai menawar rumah Sutini sampai Rp 500 juta.

Lantaran hanya ini lah rumah yang Sutini miliki. Wanita itu pun tetap mempertahankan rumah batu buatan sang suami tercinta. (sal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini