Share

Mantap! Penumpang Bandara YIA Tembus 11.000 saat Akhir Pekan

Kuntadi, Jurnalis · Selasa 02 Agustus 2022 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 01 406 2639815 mantap-penumpang-bandara-yia-tembus-11-000-saat-akhir-pekan-qT53QoEUat.jpg Ilustrasi bandara (dok. Freepik)

AKTIVITAS penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) semakin menarik. PT Angkasa Pura I Bandara YIA mencatat jumlah penumpang stabil di angka 11.000 di akhir pekan dan di atas 8.000 pada hari-hari biasa.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara YIA Agus Pandu Purnama mengatakan, dikeluarkannya Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri (PPDN) dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19 tidak banyak berpengaruh terhadap penumpang dan penerbangan.

infografis

“Sejak lebaran kemarin cukup stabil, saat akhir pekan bisa 11.000 dan hari-hari biasa sudah di atas 8.000 penumpang,” kata Agus Pandu.

Menurutnya, masyarakat kembali memanfaatkan jasa penerbangan untuk beraktivitas. Pandemi covid-19 yang semakin landai menjadikan tingkat mobilitas pencucuk cukup tinggi. Meskipun jumlah penumpang di Bandara YIA baru 60 persen dibanding di Adisutjipto.

“Di Adisutjipto dulu per hari 20.000. kalau di YIA sekarang ini baru sekitar 60 pesen semoga nanti angkanya sama,” katanya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Pandu mengatakan dalam waktu dekat akan ada dua maskapai yang akan membuka rute penerbangan ke Singapura pada bulan Agustus dan September. Sedangkan penerbangan domestik juga akan ada penambahan empat rute baru.

“Air Asia akan membuka empat rute domestik yang internasional ke Singapura sehari dua kali,” katanya.

Pandu mengatakan Bandara YIA juga memiliki kawasan Tugu Malioboro yang bisa diakses penumpang dan masyarakat umum. Tepat di depan Stasiun kereta bandara terdapat beberapa gerai UMKM hingga ritel yang menawarkan berbagai produk dan kuliner. Di samping itu juga kerap digelar pentas seni dan budaya.

“Ivan Gunawan juga membuka gerai Mandjha Hijan, ini meramaikan gerai di kawasan Tugu,” katanya.

Sementara itu Ivan Gunawan mengaku gerai di Bandara YIA merupakan gerai ke-12 dan pertama di areal bandara. Namun potensi pasarnya cukup bagus dan penjualan juga tinggi.

“Kami akan buka di beberapa bandara yang lain,” katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini