Share

Cacar Monyet Merebak, Sandiaga: Mari Tingkatkan Kewaspadaan

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 01 Agustus 2022 19:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 01 406 2640231 cacar-monyet-merebak-sandiaga-mari-tingkatkan-kewaspadaan-8KMyk2fVDv.jpg Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengimbau masyarakat waspada terhadap cacar monyet atau menkeypox yang sudah merebak sepenjuru dunia. Menurutya penerapan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability) bisa menangkal penyebaran virus itu.

"Saat ini kita masih menghadapi pandemi COVID-19, juga dengan berbagai varian baru. Kini timbul lagi penyakit baru ini (cacar monyet). Untuk itu mari tingkatkan kewaspadaan," katanya dalam Weekly Press Briefing Kemenparekraf di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2022).

ย BACA JUGA:Jelajahi Desa Wisata Budo, Sandiaga Uno Beli Oleh-Oleh Topi untuk Ridwan Kamil

Sandiaga melanjutkan, bahwa pihaknya selalu berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), terkait dengan perkembangan cacar monyet. Agar masyarakat, khususnya pelaku Parekraf, lebih waspada.

ย 

Dikarenakan penyakit ini belum terdeteksi di Indonesia, kata Sandiaga, namun pihaknya akan terus berupaya agar masyarakat bisa terlindungi. Misalnya, dengan mengawasi negara tetangga seperti Singapura. Di mana wilayah tersebut sangat dekat dengan Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

"Kita apresiasi, Dinas Kesehatan Kota Batam telah menyiapkan dua rumah sakit isolasi. Khusus untuk antisipasi cacar monyet," ujarnya.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat global terkait penyakit cacar monyet.

Dalam hal ini, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan surat edaran berkaitan dengan kewaspadaan terhadap cacar monyet di negara non endemik. Nantinya, ada jalur pembatasan untuk melakukan pengawasan ketat sejak dini.

โ€œMari kita perketat pengawasan juga di pelabuhan dan di tempat-tempat yang memiliki risiko tinggi,โ€ ungkap Sandiaga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini